Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Makna filosofi Keris Dholog

keris dholog
Keris Dholog

Hartalangit.com - Keris Dholog adalah salah satu dhapur Keris luk 5 dengan ukuran bilah sedang dan bentuk yang sederhana. Ricikan pada Keris ini, antara lain: gandik polos, tikel alis, sogokan rangkap dan sraweyan.

Dibalik bentuknya yang sederhana, Keris Dholog memiliki makna filosofis yang sangat dalam tentang kehidupan dan spiritual. Keris ini merupakan pesan agar pemilik Keris bisa menjadi Manusia yang tabah dan tangguh dalam menghadapi situasi apapun sehingga bisa menjadi Manusia yang unggul, seperti pohon dholog atau pohon jati muda yang harus melewati masa-masa sulit (tirakat) untuk menjadi pohon jati yang besar dan kuat.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Sinom Robyong

Segala sesuatu didunia ini selalu ada masanya yang di ibaratkan seperti siklus hidup pohon jati muda yang harus mengalami musim gugur (mranggas) pada musim kemarau sampai daunnya benar-benar habis dan terlihat seperti pohon mati. Tapi setelah melewati fase itu, daun pohon jati akan tumbuh lagi bahkan lebih segar dan lebih lebat dari sebelumnya. Masa gugur merupakan cara alami pohon jati untuk bertahan hidup sekaligus berkembang pada musim kemarau dengan cara menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan alam.

Meskipun sempat mengalami masa hidup tanpa daun, tapi pohon dholog (jati muda) tetap bertumbuh dan berproses menjadi pohon jati yang semakin besar dan kuat. Kayu jati merupakan salah satu kayu dengan kualitas terbaik didunia, tapi untuk menjadi kayu terbaik pohon jati memerlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun dengan melewati siklus gugur dan tumbuh setiap tahunnya.

Pohon jati merupakan pohon yang kuat, bukan hanya kayunya tapi juga daya tahannya terhadap iklim. Pohon jati tidak mati meskipun pada musim kemarau panjang karena dapat menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dan alam dimana pohon tersebut tumbuh. Dan hal itu justru menjadikan pohon jati menjadi salah satu kayu dengan kualitas terbaik didunia.

Siklus hidup dan keunggulan pohon jadi bisa menjadi contoh atau pelajaran untuk kita, bahwa kehidupan ini memiliki masa atau siklus, ada masa-masa senang yang penuh kemudahan dan ada masa-masa sulit.

Oleh karena itu, sebagai Manusia hendaknya kita bisa menyesuaikan diri dengan berbagai situasi yang terjadi dalam kehidupan, meskipun dalam situasi sulit sekalipun. Jadikan masa-masa sulit sebagai masa introspeksi diri dan untuk memperbaiki kualitas hidup yang lebih baik. Dan yang terpenting harus yakin bahwa di setiap kesulitan pasti ada hikmah yang dapat kita petik. Semua adalah proses untuk menempa kita menjadi lebih baik.

Itulah filosofi dari Keris Dholog yang merupakan pesan agar pemilik Keris ini bisa menjadi Manusia yang tangguh dalam segala situasi dengan belajar beradaptasi pada kondisi lingkungan dan perubahan jaman agar bisa tetap bertahan dan bisa menjadi Manusia yang unggul.

Sedangkan dari sisi spiritual, Keris Dholog mengajarkan kita untuk bisa menemukan kesejatian hidup, dan untuk menjadi Manusia sejati maka kita harus mau tirakat (puasa), rela melepaskan keduniawian dan segala bentuk kesenangan duniawi, menyelaraskan diri dengan alam dan mendekatkan diri kepada TUHAN untuk mencapai kesempurnaan, yaitu hakikat hidup yang sejati.

Baca juga:

Makna dan pesan tersirat dari Keris

Cara menayuh Keris pusaka sesuai primbon Jawa

Demikian sedikit informasi tentang makna filosofi Keris Dholog yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Makna filosofi Keris Dholog"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: