Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Tombak Biring Lanang

gambar tombak biring lanang
Ilustrasi Tombak Biring Lanang

Hartalangit.com - Tombak Biring Lanang atau Biring Jaler adalah salah satu dhapur Tombak lurus yang bentuknya sangat sederhana dan biasanya bilahnya agak tebal, kokoh dan tajam. Sedangkan bagian kepet pada sor-soran berbentuk melengkung ke atas.


Biring Lanang berasal dari kata “biri ing palanangan”. Biri artinya kebiri (dikebiri/dihilangkan), ing artinya di atau pada, sedangkan palanangan artinya kemaluan laki-laki (kejantanan). Jadi makna dari Biring Lanang adalah mengebiri/menghilangkan kejantanan laki-laki.

Meskipun bentuk Tombak Biring Lanang/Biring Jaler sangat sederhana, Tombak ini tetap terlihat indah dan luwes. Tapi dibalik kesederhanan bentuknya tersebut tersimpan aura yang angker/nggegirisi karena Tombak ini dahulu diperuntukkan sebagai senjata perang.

Energi pada Tombak Biring Lanang/Biring Jaler biasanya bersifat panas dan nyekrak sehingga orang yang memegang atau memiliki Tombak ini akan menjadi orang yang pemberani dan tidak takut apapun. Tapi jika tidak kuat, akan membuat pemiliknya mudah marah (panasan) karena terbawa oleh karakter Tombak tersebut.

Tuah Tombak Biring Lanang:

Pada jaman Kerajaan dahulu Tombak Biring Lanang/Biring Jaler merupakan senjata para panglima dan senopati perang. Perbawa dari tuah Tombak ini akan membuat nyali musuh ciut seperti kehilangan kejantanannya ketika berhadapan dengan orang yang membawa Tombak ini sehingga dengan mudah bisa dikalahkan dalam pertempuran.

Filosofi Tombak Biring Lanang:

Sebagai sebuah pusaka, nama Tombak Biring Lanang juga memiliki makna filosofi yang merupakan sebuah pesan agar sebagai Manusia hendaknya kita bisa meredam dan mengendalikan syahwat atau hawa nafsu kita yang disimbolkan dengan mengebiri kemaluan (biri ing palanangan). Karena Manusia yang sejati adalah Manusia yang mampu mengebiri atau menghilangkan hawa nafsu keduniawian untuk dapat mencapai kesejatian.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Tombak Biring Lanang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah Tombak Biring Lanang"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: