Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Jalak Dinding

keris jalak dinding
Keris Jalak Dinding

Hartalangit.com - Keris Jalak Dinding adalah salah satu bentuk dhapur Keris lurus dengan ukuran panjang bilah sedang. Ricikan pada Keris ini, antara lain: gandhik lugas, pejetan, gusen dan tingil. Selain itu tidak ada ricikan lainnya. Sepintas Keris Jalak Dinding sangat mirip dengan Keris dhapur Jalak Tilam Sari. Perbedaanya hanya terletak pada gusen yang ada disepanjang sisi bilah Keris.

Filosofi Keris Jalak Dinding:

Dalam tradisi masyarakat Jawa dikenal sebuah "Panyondro" atau "Pengibaratan" yang bunyinya "Lakune njalak dinding" yang artinya, cara berjalannya seperti burung Jalak Dinding (lincah tapi agak berjingkat) yang di anggap sebagai simbol kewaspadaan.

Hal ini selaras dengan filosofi Keris dhapur Jalak Dinding yang merupakan simbol dari kehidupan yang harus senantiasa dijalani dengan energik tapi penuh kewaspadaan seperti sifat burung Jalak.

Burung Jalak juga merupakan simbolisasi pencapain kebahagiaan dan melepaskan dari permasalahan terutama yang terkait dengan rejeki. Bagi orang Jawa, burung Jalak dapat memberikan rasa senang hati bagi pemiliknya.

Keris Jalak Dinding merupakan sebuah ajaran atau pesan bahwa dalam menjalani kehidupan, kita tidak boleh hanya berpangku tangan, harus tetap bergerak dan jeli melihat peluang, tapi seyogyanya dalam setiap langkah kita harus tetap bersikap hati-hati, waspada, dan menghindari sifat ceroboh.

Sedangkan "Dinding" adalah simbol dari jiwa yang kokoh. Keris Jalak Dinding merupakan simbol agar pemiliknya bisa menjalani kehidupan dengan penuh semangat, selalu waspada dan memiliki hati yang kokoh, yaitu kekokohan hati pada SANG PENCIPTA.

Tuah Keris Jalak Dinding:

Tuah Keris Jalak Dinding yang merupakan manifestasi dari do'a-do'a yang dipanjatkan Mpu pembuatnya adalah supaya pemilik Keris ini bisa memiliki sifat-sifat seperti burung Jalak, antara lain:

• Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau pandai membawa diri sehingga akan disukai semua orang dilingkungan pergaulannya.

• Mudah akrab dengan orang-orang baru sehingga lebih mudah mendapatkan peluang-peluang baru.

• Pandai berbicara atau berkomunikasi (cakap) sehingga mudah meyakinkan orang lain dan mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

• Energik dan penuh gagasan, sehingga lebih mudah dalam mencari rejeki.

• Memiliki kepekaan rasa yang tinggi sehingga lebih waspada pada hal-hal yang dapat membahayakan dirinya.

• Memiliki keteguhan hati, sehingga tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak bermanfaat yang bisa menghancurkan dirinya, baik itu karier, bisnis, maupun rumah tangganya.

Jadi, pemilik Keris Jalak Dinding akan menjadi pribadi yang menyenangkan dimata orang lain sehingga bisa mendapatkan banyak peluang dan kepercayaan untuk mengemban tanggung jawab yang besar, sehingga dalam hal rejeki juga akan mengalami peningkatan. Pemilik Keris Jalak Dinding juga akan memiliki keteguhan hati atau iman yang kokoh sehingga mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Jalak Dinding yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah Keris Jalak Dinding"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: