Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Jalak Tilam Sari

keris jalak tilam sari
Keris Jalak Tilam Sari

Hartalangit.com - Keris Jalak Tilam Sari merupakan salah satu dhapur Keris lurus dengan ukuran panjang bilah sedang dan ada yang memakai odo-odo sehingga permukaan bilahnya nggigir sapi. Ricikan pada Keris Jalak Tilam Sari antara lain: gandhik lugas, pejetan, tikel alis, sraweyan dan thingil atau ri pandan.

Keris Jalak Tilam Sari sangat mirip dengan Keris Tilam Sari, baik dari nama maupun bentuknya. Yang membedakan dari keduanya hanya pada thingilnya saja, karena Keris Tilam Sari tidak memakai thingil.

Tapi jika dilihat dari keseluruhan bentuk bilahnya sebetulnya antara Keris Jalak Tilam Sari dan Keris Tilam Sari meiliki sedikit perbedaan. Bentuk bilah Keris Jalak Tilam Sari terkesan anggodong pohung atau mirip bentuk daun singkong seperti bentuk bilah Keris dhapur Jalak pada umumnya, sedangkan Keris Tilam Sari bentuk bilahnya mbambang atau nilam upih.


keris jalak tilam sari
Keris Jalak Tilam Sari
Dhapur: Jalak Tilam Sari
Pamor: Wos Wutah
Tangguh: Mataram
Panjang Bilah: 34 Cm
Keterangan: Termahar (Bpk S - Singapura)

Filosofi Keris Jalak Tilam Sari:

Keris Jalak Tilam Sari memiliki makna sebuah harapan agar pemilik Keris ini senantiasa diberikan banyak rejeki, kedamaian, kebahagiaan, kemuliaan, nama baik/harum di masyarakat dan selalu mendapat perlindungan dadi Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Jalak" melambangkan laki-laki atau kepala rumah tangga, "Tilam" melambangkan tempat istirahat dan "Sari" melambangkan aroma yang harum/wangi yang semerbak.

Jika dijabarkan secara luas makna dari Jalak Tilam Sari adalah tempat berteduh/tempat beristirahat yang harum semerbak atau sangat nyaman dan damai.

Dengan memiliki Keris Jalak Tilam Sari, maka diharapkan seorang laki-laki (kepala rumah tangga) akan menjadi kepala rumah tangga yang pandai mencari rejeki dan bisa membahagiakan keluarganya seperti burung Jalak yang pandai mencari makan dan bisa membuat orang senang dengan suara kicauan dan tingkah lakunya yang menyenangkan.

Tuah utama Keris Jalak Tilam Sari:

Tuah Keris Jalak Tilam Sari dipercaya dapat membantu memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan menjadikan rumah tangga harmonis, bahagia, tentram, damai dan makmur.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Jalak Tilam Sari yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah Keris Jalak Tilam Sari"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: