Advertisement

Sejarah Keris Suro Pejet dan tuah ghaibnya

keris suro pejet
Keris Suro Pejet Dhapur Tilam Upih
Dhapur: Tilam Upih (Pejetan)
Pamor: Jung Isi Dunyo
Tangguh: Tuban Pajajaran
Panjang bilah: 38 Cm
Keterangan: Termahar (Bpk J - Malang)

Hartalangit.com - Keris Suro Pejet adalah istilah lain yang dipakai untuk menyebut Keris Pejetan atau Keris Pijitan, yaitu Keris yang pada permukaan bilahnya terdapat lekukan-lekukan menyerupai bekas pijatan jari tangan. Banyak yang meyakini bahwa Keris Suro Pejet dibuat dengan hanya memijat-mijat besi menggunakan jari tangan sampai menjadi sebilah Keris.

keris suro pejet
Keris Tilam Upih Pejetan

Kebanyakan Keris Suro Pejet atau Keris Pejetan bentuknya sangat sederhana dan berukuran kecil seperti contohnya Keris Sombro. Sangat jarang ada Keris Suro Pejet yang bentuknya indah dan berukuran besar.

keris sombro pejetan
Keris Sombro Pejetan


Asal mula nama Keris Suro Pejet berasal dari kisah Empu Joko Suro yang konon membuat Keris dengan hanya memijat-mijat besi menggunakan jari-jari tangannya sampai menjadi sebilah Keris.

Tentang lekukan pada permukaan bilah Keris yang menyerupai bekas pijitan jari tangan, memang sulit dibuktikan secara ilmiah bahwa itu benar-benar dibuat dengan pijitan jari tangan.

Karena ada Keris pejetan yang dipercaya memang dalam proses pembuatannya dari awal hanya dipijit-pijit menggunakan jari tangan, dan ada juga Keris Pejetan yang diberi tanda pejetan oleh Empu pembuatnya setelah bilah Keris selesai ditempa dan biasanya bentuk pejetannya berupa cekungan-cekungan rapi seukuran jempol tangan. Kemungkinan tujuannya untuk memberikan ciri khas pada Keris buatannya atau untuk memberikan tuah khusus pada Keris tersebut melalui pijitan jempol tangan Sang Empu.

Ada sebagian pecinta Keris yang menganggap bahwa bentuk seperti bekas pijitan jari tangan tersebut terjadi karena permukaan landasan untuk penempaan Keris tidak rata atau akibat dari permukaan palu yang digunakan untuk menempa Keris tidak rata sehingga menyebabkan lekukan-lekukan pada permukaan bilah Keris. Tapi anggapan itu rasanya kurang tepat karena seorang Empu Keris pasti lebih teliti dalam membuat Keris dan pasti selalu memperhatikan kondisi peralatan kerjanya.

Keris Suro Pejet atau Keris Pejetan tergolong Keris tayuhan, yaitu Keris yang dalam pembuatannya lebih mementingkan esoteri (tuah) dibandingkan dengan eksoterinya (penampilan luarnya). Itulah sebabnya kenapa banyak pecinta Keris yang beranggapan bahwa Keris Suro Pejet termasuk Keris yang memiliki tuah baik.


Karena adanya anggapan itulah maka banyak orang yang mencari Keris Suro Pejet atau Keris Pejetan untuk dijadikan jimat atau dijadikan sebagai Keris tindih untuk meredam energi negatif dari Keris-Keris koleksinya.

Keris Suro Pejet di anggap lebih bertuah dari Keris-Keris pada umumnya karena Keris ini dibuat oleh seorang Empu linuwih yang memiliki kesaktian tinggi hanya menggunakan jari tangan saja. Oleh karena itulah, Keris buatannya juga di anggap memiliki kekuatan ghaib yang lebih besar dan memiliki kesan wingit yang lebih kental dari Keris biasa.

Karena banyaknya orang yang ingin memiliki Keris Suro Pejet, maka Keris jenis ini kemudian banyak dipalsukan, yaitu dengan membuat Keris baru dengan bentuk-bentuk sederhana seperti Keris Bethok dan Keris Sombro yang permukaan bilahnya dibuat lekukan-lekukan seperti pijitan jari tangan.

Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan keuntungan lebih besar karena peminat Keris ini cukup banyak dan nilainya juga cukup tinggi.


Demikian sedikit informasi tentang sejarah Keris Suro Pejet dan tuah ghaibnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 Response to "Sejarah Keris Suro Pejet dan tuah ghaibnya"

  1. Saya ada warisan sebuah keris pusaka dari org tua.. Dan ortu saya mengatakan bahwa itu keris tuban atau juga disebut keris suro ( mempunyai 11 pejetan saya
    hitung )..
    Dan setahu saya sejak saya masih kecil keris itu sudah ada dan sangat paling di sukai dari ratusan keris nya yg ada.
    Ortu memberikan kepada saya di tahun 2016 sebelum meninggal..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: