Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Sakti Keris Sombro

keris sombro pejetan
Keris Sombro

Hartalangit.com - Keris Sombro sebetulnya bukanlah nama dhapur Keris, melainkan nama Mpu pembuatnya yaitu Nyi Sombro, seorang Mpu Keris wanita yang sakti dan legendaris dari tlatah Kerajaan Pajajaran yang hidup sekitar abad ke-10.

Banyak cerita yang berkembang di masyarakat mengenai kehebatan dan kesaktian Mpu Nyi Sombro. Walaupun karyanya terkesan sederhana, tapi besinya padat nglempung karena wasuhan/garapnya bagus dan dibuat dari bahan besi pilihan dengan tempaan yang matang.

Baca juga: Proses panjang pembuatan sebilah Keris

Bahkan konon, karena kesaktiannya Nyi Sombro mampu membuat Keris di atas samudra dengan hanya beralaskan kain jarik untuk landasan duduk ketika membuat Keris dan tanpa tungku perapian atau peralatan lainnya.

Keris-Keris karya Nyi Sombro rata-rata adalah Keris lurus dan kebanyakan berdhapur Brojol. Ciri khas Keris karya Nyi Sombro yaitu pada bagian pesinya di plintir dan ujungnya diberi lubang yang fungsinya untuk mengikatkan tali untuk mengikat bilah-bilah Keris yang dibuat selama mengambang di atas permukaan laut. Dan baru setelah bahan Kerisnya habis, Mpu Nyi Sombro akan kembali ke daratan dengan serenteng Keris yang telah selesai dibuat.

Keris buatan Nyi Sombro juga memiliki ciri lain yaitu terdapat bekas pejetan jari tangan pada permukaan bilahnya serta gonjo iras. Keris-Keris karya Mpu Sombro rata-rata memiliki tuah untuk kesuburan, kemakmuran, perlindungan dan harapan akan kedamaian.

Biasanya Keris Sombro banyak digunakan sebagai Keris tindih karena memiliki aura yang dingin/sejuk sehingga dapat menetralisir energi panas dari Keris-Keris lain yang memiliki angsar galak/brangasan.

Baca juga:

Keris tindih dan manfaatnya

Pengertian tentang Keris tayuhan dan cara menayuh Keris

Demikian sedikit informasi tentang tuah sakti Keris Sombro yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Sakti Keris Sombro"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: