Advertisement

Ciri-ciri dan keistimewaan Keris Segaluh

keris carubuk tangguh segaluh
Keris Carubuk Tangguh Segaluh
Dhapur: Carubuk
Pamor: Nyeprit
Tangguh: Segaluh
Panjang Bilah: 34 Cm
Keterangan: Termahar (Bpk S - Singapura)

Hartalangit.com - Keris tangguh Segaluh memiliki pasikutan yang kaku tetapi luruh, sangat berbeda dengan Keris-Keris tangguh lainnya. Besinya terkesan kering dan berwarna hitam pucat kehijauan dengan pamor kelem. Ukuran panjang bilahnya ada yang panjang dan ada juga yang pendek dengan tantingan yang ringan.

Yang menjadi ciri khas dari Keris tangguh Segaluh adalah bentuk gandhiknya yang menonjol kedepan atau nonong (Jawa), sehingga ukuran gonjonya juga panjang.

keris tangguh segaluh
Gandhik nonong menjadi ciri khas Keris Segaluh

Kerajaan Segaluh memiliki sejarah panjang sejak abad ke-8. Dan sampai pada era Kerajaan Mataram, Kerajaan Segaluh masih tetap berdiri walaupun tidak sebesar era sebelumnya (Galuh Rahyang sampai Galuh Kalingga).

Pada tahun 1595, Galuh jatuh ke tangan Senopati ing alogo dari Mataram. Invasi Mataram ke Galuh semakin diperkuat pada masa kepemimpinan Sultan Agung sampai akhirnya sekarang menjadi Kabupaten Ciamis.

Sejarah singkat tentang Kerajaan Segaluh tersebut menunjukkan betapa panjangnya sejarah dan era dari Kerajaan Segaluh dari abad ke-8 sampai pada era Mataram.

Karena panjangnya masa Kerajaan Segaluh, sehingga Keris-Keris tangguh Segaluh ada yang menggunakan material besi seperti Keris-Keris Majapahit dan ada juga yang menggunakan material besi seperti Keris-Keris Mataram.

Tapi walaupun berbeda periode pembuatannya, Keris-Keris tangguh Segaluh tetap memiliki karakteristik yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Ciri-ciri yang paling mudah dikenali dari Keris Segaluh adalah bentuk gandhiknya yang menjorok ke depan (nonong), lebih menonjol dari Keris-Keris tangguh Pajajaran.


Ciri lainnya yaitu bagian kembang kacangnya cenderung tipis dan kecil melengkung tampak manis menempel pada gandhiknya yang nonong. Karena terlalu tipis, kembang kacangnya sangat rentan patah sehingga harus hati-hati dalam perawatannya agar bisa tetap utuh.

Keris Segaluh memiliki bilah yang lebar dan pada Keris yang berluk, maka luknya kembo (tidak terlalu jelas) dan sekilas terlihat seperti Keris lurus. Jumlah luknya rata-rata luk 7 dan luk 9. Pejetan pada Keris Segaluh umumnya dangkal dan ujung bilahnya ngudhup atau anggabah kopong.

keris carubuk tangguh segaluh
Keris Carubuk Tangguh Segaluh
keris carubuk tangguh segaluh
Keris Carubuk Tangguh Segaluh

Bentuknya yang kalem dan sederhana tersebut mencerminkan karakteristik masyarakat Segaluh pada waktu itu yang hidup makmur, cinta damai dan penuh kesederhanaan.

Keris tangguh Segaluh diciptakan dengan karakteristik yang mencerminkan kesederhanaan dan kedamaian sehingga aura yang terpancar dari Keris Segaluh terasa adem ayem penuh kedamaian karena dibabar dengan ritual dan do'a-do'a sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta atas keberkahan dan kesuburan yang dilimpahkan pada tanah Segaluh.

Perbawanya berbeda dengan Keris-Keris dari Kerajaan lain yang terkesan gagah dan garang karena dibabar dengan tujuan untuk berperang atau mengivasi wilayah Kerajaan lain untuk memperluas kekuasaan.

Sederhana tapi wingit, itulah kesan yang tergambar dari Keris Segaluh seolah menyimpan kekuatan besar yang tidak perlu dipamerkan atau disombongkan.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan keistimewaan Keris Segaluh yang dapat kami sampaikan pada artikel kali kini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ciri-ciri dan keistimewaan Keris Segaluh"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: