Advertisement

Filosofi dan tuah rahasia Keris luk Sinandi

keris luk sinandi
Ilustrasi Keris Luk Sinandi

Hartalangit.com - Luk Sinandi berbeda dengan luk Keris pada umumnya karena jika dilihat dari sisi permukaan bilahnya, Keris luk Sinandi sama sekali tidak terlihat memiliki luk, tapi jika dilihat dari sisi tajaman Keris baru akan terlihat lekukan-lekukan rapi yang cukup jelas dan berjumlah ganjil seperti luk Keris pada umumnya.

Sinandi berarti disamarkan atau disembunyikan dengan maksud dan tujuan tertentu. Salah satu tujuan dibuatnya Keris luk Sinandi adalah untuk menyembunyikan bentuk asli dhapur Keris tersebut agar tidak diketahui banyak orang.


Pada jaman dulu, Keris luk Sinandi biasanya menjadi ageman para prajurit telik sandi Kerajaan sebagai simbol kesetiaan untuk mengemban amanah serta merahasiakan tugasnya apapun yang terjadi.

Dalam pembuatannya, Keris luk Sinandi memang sengaja disandikan atau disamarkan untuk tujuan kerahasiaan dan juga keselamatan para prajurit telik sandi dalam mengemban tugasnya.

Keris luk Sinandi biasanya berdhapur sederhana seperti Keris Brojol, Keris Tilam, dan Keris-Keris lurus lainnya. Tapi sebetulnya dhapur Keris tersebut tidak seperti yang terlihat, jadi tuahnya juga tidak sama seperti dhapur yang terlihat karena dhapur dan tuah aslinya memang sengaja disembunyikan.

Jadi tuah Keris luk Sinandi tidak bisa dibaca atau dilihat orang lain sehingga tidak bisa ditebak tingkat kekuatannya. Inilah makna sinengker yang lebih dalam dari Keris Pusaka.

Tapi secara umum Keris Luk Sinandi memiliki makna filosofi yang sangat dalam, bahwa segala sesuatu atau kelebihan yang kita miliki seperti pangkat, jabatan, harta, ilmu, dan kelebihan lainnya tidak perlu dipamerkan atau disombongkan karena langit tidak perlu mengatakan bahwa dirinya tinggi dan sampah tidak perlu mengatakan bahwa dirinya kotor.

Keris luk Sinandi juga menjadi sebuah pelajaran bagi kita agar bersikap rendah hati dan tidak menyepelekan orang lain karena segala sesuatu tidak selalu sama seperti yang terlihat.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah rahasia Keris luk Sinandi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi dan tuah rahasia Keris luk Sinandi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: