Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Jenis-jenis luk Keris dan maknanya

Hartalangit.com - Luk adalah bagian yang berkelok dari bilah Keris. Jika dilihat dari bentuknya, ada dua jenis Keris, yaitu Keris lurus dan Keris luk. Jumlah luk pada Keris selalu ganjil, tidak ada yang genap karena dalam budaya Jawa, segala sesuatu yang sudah genap berarti di anggap telah selasai/purna. Jadi, sesuatu yang ganjil berarti belum selesai dan harus dilanjutkan. Dengan demikian, jumlah luk Keris yang selalu ganjil bisa berarti akan berkelanjutan, dinamis dan lambang ambisi untuk terus maju.


Ada 3 macam bentuk luk pada Keris atau Tombak, yaitu:

• Luk kembo

gambar keris luk kembo
Ilustrasi Keris Luk Kembo

Luk kembo yaitu luk/lekukan pada bilah Keris atau Tombak yang tidak dalam (tampak samar/tidak tegas). Keris-Keris tangguh Pajajaran dan Segaluh kebanyakan luknya kembo.

• Luk sedeng/sedang

gambar keris luk sedeng
Ilustrasi Keris Luk Sedeng

Luk yang sedeng/sedang artinya tidak kembo dan tidak rengkol. Keris-keris tangguh Majapahit dan Mataram Senopaten kebanyakan luknya sedeng.

• Luk rengkol

gambar keris luk rengkol
Ilustrasi Keris Luk Rengkol

Luk rengkol adalah luk yang lekukannya dalam. Luk yang rengkol banyak terdapat pada Keris-Keris tangguh Pengging dan sebagian tangguh Mataram Sultan Agung serta tangguh Mataram Amangkuratan.

Di dunia perkerisan, bentuk luk Keris biasa di istilahkan dengan persamaan bentuk kelokan tubuh ular, yaitu:

• Keris lurus dipersamakan dengan Sarpo Topo atau ular yang sedang bertapa.

• Keris dengan luk Kembo dipersamakan dengan Sarpo Lelewo atau ular yang sedang bergaya.

• Keris dengan luk sedeng dipersamakan dengan Sarpo Lumampah atau ular yang sedang berjalan.

• Keris dengan luk rengkol dipersamakan dengan Sarpo Nglangi atau ular yang sedang berenang.

Pembagian ragam bentuk luk Keris dan Tombak ini juga berguna untuk menentukan suatu tangguh Keris. Misalnya, jika sebuah Keris luknya rengkol, sudah hampir bisa dipastikan jika itu bukan Keris tangguh Tuban dan bukan juga tangguh Pajajaran. Sebaliknya, jika luknya kembo, maka sudah hampir bisa dipastikan jika Keris tersebut bukan tangguh Pengging.

Selain itu, jumlah luk juga digunakan untuk menentukan nama dhapur suatu Keris. Karena dua bilah Keris yang ricikannya sama, tapi jika jumlah luknya berbeda, maka nama dhapurnya akan berbeda.

Cara menghitung jumlah luk Keris:

Menghitung jumlah luk Keris atau Tombak bisa dilakukan dengan cara menghitung jumlah bagian cembungnya, atau bisa jiga pada bagian cekungnya. Menghitungnya bisa dimulai dari pangkal Keris (sor-soran), atau bisa juga dari bagian pucuk bilah.

Jumlah terbanyak luk Keris adalah 13, dan jika ada Keris yang jumlah luknya lebih dari 13 maka Keris tersebut disebut Keris Kalawijan atau Keris yang tidak lazim (tidak umum).

Ada yang mengatakan jika jumlah luk pada sebilah Keris paling sedikit adalah 3. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa ada Keris luk satu. Keris yang digolongkan luk 1 adalah Keris dhapur Sengkol, ada yang menyebutnya dhapur Damar Murub atau Urubing Dilah. Tapi ada juga yang menggolongkannya sebagai Keris luk 3.


Berikut ini perlambang dari jumlah luk Keris:

• Keris lurus melambangkan keteguhan hati dan kekuatan iman, sekaligus melambangkan tauhid, yakni kepercayaan terhadap kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.

• Keris luk 3 (Jangkung) melambangkan permohonan kepada Tuhan agar cita-citanya dapat tercapai dan dapat melewati segala rintangan dengan mudah.

• Keris luk 5 melambangkan permohonan kepada Tuhan agar diberikan kemampuan lancar dalam berbicara sehingga orang yang diajak bicara dapat terpikat dan terpengaruh.

• Keris luk 7 melambangkan permohonan kepada Tuhan agar memiliki wibawa dalam berbicara sehingga perintahnya akan di taati, perkataannya dapat memperngaruhi lawan bicara dan bentakannya bisa membuat ciut nyali orang yang mendengarnya.

• Keris luk 9 melambangkan permohonan kepada Tuhan agar memiliki wibawa yang besar dan berkharisma, sehingga pemilik Keris luk 9 bisa menjadi pemimpin yang baik, agar anak buahnya atau bawahannya taat dan segan kepadanya.

• Keris luk 11 melambangkan permohonan kepada Tuhan agar memiliki ambisi besar dalam usaha meraih kedudukan tinggi, baik sosial maupun ekonomi.

• Keris luk 13 melambangkan permohonan kepada Tuhan agar memiliki jiwa dan kedudukan sosial yang stabil.

Tapi mengenai arti perlambang pada jumlah luk Keris juga ada beberapa versi lainnya yang berbeda.


Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis luk Keris dan maknanya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis-jenis luk Keris dan maknanya"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: