Advertisement

Makna spiritual dari Keris luk 9

keris sempono luk 9
Keris Sempono luk 9

Hartalangit.com - Angka 9 di anggap sebagai angka keramat yang dalam kepercayaan masyarakat Jawa kuno merupakan angka yang beraura kasepuhan. Sebagai contoh Candi Borobudur yang merupakan Candi terbesar yang didirikan oleh Dinasti Syailendra penganut ajaran Budha Gautama sesungguhnya memiliki 9 tingkatan pada tataran "Manusia dan Bumi".

Sedangkan tingkatan ke-10 atau tingkatan terakhir merupakan tingkatan puncak dari kehidupan Manusia untuk menjadi Budha dan juga melambangkan Nirwana tempat dimana Budha bersemayam. Oleh karena itu, Keris Luk 9 merupakan lambang perjalanan dan pergulatan hidup Manusia untuk meraih kesempurnaan rohani dan kemapanan spiritual.


Pendapat lain mengatakan bahwa dalam pandangan masyarakat Jawa kuno, angka 9 (sembilan) yang dijabarkan kembali dalam olah kebatinan oleh Sri Susuhunan Pakubuwono IX dinyatakan bahwa babakan howo songo (9) adalah kunci pengaturan dan pengendalian menuju kesempurnaan hidup.

Jika 9 lubang yang ada ditubuh Manusia yaitu mata, hidung, telinga, mulut, dan lainnya dapat dikendalikan, maka Manusia akan menemukan keselamatan hidup di Dunia dan Akhirat. Angka 9 dipandang sebagai angka puncak yang mengandung makna khusus dan bahkan dianggap paling suci.

Secara matematika, jika angka 9 dikalikan dengan angka berapapun, maka hasil penjumlahan angka tersebut akan kembali sebagai angka sembilan. Sebagai contoh 9×9 = 81, angka 8+1 = 9, dan dikalikan berapapun hasil perkalian dari angka 9 jika ditambahkan akan tetap menjadi 9. Oleh karena itulah angka 9 di anggap sebagai angka keramat.

Jika dilihat dari jumlah angka dasar yang ada, yaitu dari 0 sampai 9, maka angka 9 (sembilan) memiliki nilai yang paling tinggi, sehingga kemudian angka 9 sering disebut sebagai simbol kesempurnaan sekaligus dimaknai dengan kerahasiaan.

Angka 9 (sembilan) adalah batas kemampuan dan penalaran pikiran Manusia, sebab setelah sembilan akan kembali menjadi 0 (kosong), lalu akan mulai lagi dengan hitungan awal yaitu angka 1 atau pertama.

Dengan demikian Keris luk 9 merupakan pengejawantahan dari sebuah kesempurnaan hidup (kasampurnaning urip) bagi masyarakat Jawa jaman dahulu. Jadi, pemilik Keris luk 9 diharapkan agar dapat meraih kesempurnaan hidup dan dapat meraih tingkatan puncak dalam kehidupannya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang makna spiritual dari Keris luk 9 yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Makna spiritual dari Keris luk 9"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: