Advertisement

Khasiat Besi kuning/Wesi kuning dan asal-usulnya

jimat wesi kuning
Ilustrasi Besi Kuning/Wesi Kuning

Hartalangit.com - Besi kuning atau Wesi kuning adalah sebutan untuk jimat/pusaka yang terbuat dari saripati logam atau yang disebut rajanya besi (logam) yang merupakan jenis logam terbaik karena walaupun tanpa di isi/di asma' jenis besi ini sudah memiliki energi alami yang sangat kuat.

Besi kuning atau Wesi kuning yang asli sangatlah langka, konon dahulu para Empu yang melakukan tirakat untuk mencari besi terbaik untuk bahan pembuatan pusaka menemukan besi/logam berwarna kuning yang memiliki kekuatan besar dan kuat walaupun belum di olah menjadi benda pusaka.

Para Empu kemudian menyebutnya "Wesi kuning" karena berwarna kuning. Pada waktu itu semua jenis logam keras masih disebut sebagai besi/wesi, oleh karena itu benda tersebut dinamakan Besi kuning (Wesi kuning), bukan logam kuning.

Karena Wesi kuning tersebut sudah memiliki energi yang besar, maka para Empu tidak menjadikanya/mengolahnya menjadi bentuk pusaka seperti Keris atau Tombak, tapi menjadikannya berbagai bentuk azimat seperti gadha besi kuning, payung besi kuning, jarum besi kuning, bonang besi kuning, cincin besi kuning, telur besi kuning, dan bentuk-bentuk lain yang sengaja dibuat dengan ukuran kecil agar lebih mudah dan praktis untuk dibawa.

Besi kuning (Wesi kuning) terkadang memiliki warna yang berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya, hal itu dikarenakan ada Besi kuning yang terbuat dari campuran beberapa jenis logam atau beberapa jenis besi kuning, dan ada yang hanya terbuat dari satu jenis besi kuning saja.

Besi kuning (Wesi kuning) yang dibuat dari campuran beberapa jenis logam bertujuan agar besi kuning yang kurang kuat energinya (yang kualitasnya kurang bagus) menjadi lebih sempurna kekuatannya, maka kemudian dicampur/dipadukan dengan bahan besi kuning lainya yang memiliki energi lebih besar. Sedangkan untuk bahan Besi kuning yang sudah kuat energinya, maka cukup menggunakan satu jenis bahan saja, tidak perlu dicampur dengan bahan lainnya.

Mengenai Besi kuning (Wesi kuning) yang sangat legendaris ini tidak ada yang tau persis mengenai asal-usulnya, bahkan orang-orang tua jaman dahulu yang tau tentang jimat dan Tosan Aji juga memberikan keterangan yang simpang siur.

Awal mula dikenalnya Besi kuning (Wesi kuning) tidak terlepas dari cerita legenda Damarwulan dan Minak Djinggo, dimana Wesi kuning yang asli konon merupakan pecahan dari Gadha Besi Kuning yang merupakan senjata pusaka andalan Minak Djinggo yang kemudian dihancurkan oleh Damarwulan.

Benda ini dipercaya bisa menangkal serangan ilmu hitam seperti santet, teluh, guna-guna dan sejenisnya. Selain itu, Besi kuning (Wesi kuning) juga memiliki khasiat untuk kewibawaan, kenaikan derajad, dan untuk jenis Besi kuning dengan kualitas terbaik memiliki tuah ampuh untuk membuat pemiliknya kebal terhadap serangan senjata tajam maupun pukulan benda keras.

Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa Besi kuning (Wesi kuning) merupakan campuran dari beberapa logam seperti emas, perak, besi, tembaga, nikel, perunggu dan timah. Keterangan tersebut agaknya cukup meragukan karena perunggu bukanlah jenis logam murni, tetapi sudah merupakan logam campuran.

Menurut penelitian dari beberapa ahli, Besi kuning (Wesi kuning) terdiri dari unsur-unsur besi, timah putih, perak, seng, timbal (timah hitam), tembaga dan emas. Besi kuning (Wesi kuning) yang asli sangat sulit didapatkan karena merupakan salah satu benda pusaka yang memiliki kekuatan ghaib tingkat tinggi dan tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya.

Seringkali untuk jenis benda pusaka yang asli jika dicari/dikejar biasanya justru tidak akan ditemukan, tapi kadang-kadang justru ada orang yang tidak berniat mencarinya malah beruntung menemukannya dengan tidak sengaja tergantung di atas pohon jati atau pohon pisang, atau bahkan tergeletak di atas tanah.

Konon Besi kuning (Wesi kuning) kepompong yang ditemukan dengan posisi menggantung diatas pobonlah yang dapat digunakan sebagai jimat kekebalan dan di anggap memiliki kekuatan ghaib lebih tinggi dari Wesi kuning yang ditemukan di atas tanah yang umumnya tidak dapat digunakan sebagai jimat kekebalan.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat Besi kuning (Wesi kuning) dan asal-usulnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Khasiat Besi kuning/Wesi kuning dan asal-usulnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: