Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Pamor Udan Mas

gambar keris pamor udan mas rekan
Pamor Udan Mas rekan
Hartalangit.com - Pamor pada Keris atau Tosan Aji lainnya memiliki makna simbolik dan makna filosofis mendalam yang terkandung didalamnya. Dengan memahami makna pamor pada sebilah Keris, maka kita akan dapat menangkap pesan moral dari masing-masing pamor pada Tosan Aji.

Salah satu pamor Keris yang sangat terkenal dan paling banyak dicari oleh para penggemar dan kolektor Keris adalah pamor Udan Mas. Bentuk pamor Udan Mas berupa bulatan-bulatan bersusun yang tersebar dihampir diseluruh permukaan bilah Keris, mulai dari pangkal bilah sampai ke ujung bilahnya.

Pada pamor Udan Mas tiban, bulatan-bulatan pamor biasanya terselip di antara pamor Wos Wutah dan kadang juga ada sebagian yang terpisah dari pamor lain, atau hanya terdapat dibagian sor-sorannya saja yang terselip di antara pamor lainnya. Sedangkan pamor Udan Mas rekan, susunan bulatan-bulatannya lebih rapi membentuk pola 2-1-2 yang tersusun di sepanjang bilah Keris dari pangkal sampai ujungnya.

Pamor Udan Mas menjadi sangat terkenal dan banyak dicari para pecinta Keris karena dipercaya memiliki tuah untuk kelancaran rejeki sehingga akan membuat pemiliknya menjadi kaya raya. Udan Mas artinya hujan emas, dari nama tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tuah dari Keris yang berpamor Udan Mas dapat membuat rejeki pemiliknya bagaikan hujan emas.

Anggapan tersebut sebetulnya kurang tepat, karena menurut pendapat para ahli Tanjeg, tuah atau angsar pamor Udan Mas adalah untuk memudahkan pemiliknya mendapatkan rejeki, mencegah sifat boros, serta membuat pemiliknya luwes dalam pergaulan di masyarakat. Jadi sebetulnya bukan menjadikan pemiliknya serta merta menjadi kaya raya tanpa usaha, tapi untuk memudahkan pemiliknya dalam urusan rejeki.

Baca juga: Ciri dan Mitos Perkutut Katuranggan Udan Mas Lokal Alam

Dari kepercayaan itulah yang menjadikan pamor Udan Mas banyak diminati oleh para pedagang dan pengusaha dengan harapan rejekinya bisa semakin berlimpah.

Tapi saat ini, bukan hanya para pedagang dan pengusaha saja yang menginginkan Keris dengan pamor Udan Mas, tapi dari berbagai kalangan seperti pegawai pemerintah dan swasta, tentara dan juga polisi, bahkan kaum petani juga banyak yang memburu Keris dengan pamor Udan Mas.

Sebetulnya tidak ada jaminan pasti jika memiliki Keris berpamor Udan Mas lalu akan menjadi orang yang kaya raya, karena hanya TUHAN yang berhak menentukan siapa yang akan diberi kekayaan. Pamor Udan Mas merupakan simbolisasi harapan atau do'a agar pemiliknya dapat memiliki rejeki yang berlimpah yang disimbolkan seperti hujan emas.

Jika dilihat dari cara pembuatannya, pamor Udan Mas termasuk pamor mlumah dan pamor rekan. Pamor ini termasuk tidak pemilih, artinya siapa saja bisa cocok memiliki Keris atau Tosan Aji lainnya yang berpamor Udan Mas.

Pada era sekitar tahun 1930-an, yang dinamakan pamor Udan Mas harus merupakan pamor tiban, bukan pamor rekan seperti yang banyak beredar saat ini.

Baca juga: Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

gambar keris pamor udan mas tiban
Pamor Udan Mas Tiban
Jika letak bulatannya tersusun rapi dan garis-garis lingkarannya tersusun rapi maka itu dianggap bukan pamor Udan Mas asli melainkan hanya pamor Udan Mas tiruan. Oleh karena itu, yang diyakini sebagai pamor Udan Mas asli adalah pamor yang jaman sekarang disebut pamor Tetesing Warih/Banyu Netes, Mrutu Sewu, dan Sisik Sewu.

Seiring dengan perkembangan jaman dan pengetahuan tentang Tosan Aji, pendapat yang menyebutkan bahwa yang di anggap sebagai pamor Udan Mas asli hanya yang berpamor tiban kini mulai dikesampingkan.

Maka mulailah bermunculan berbagai macam pola pamor Udan Mas dengan pola 2-1-2 yang tersusun rapi dan indah dipandang, bahkan ada juga Keris luk yang berpamor Udan Mas, padahal dulu hanya Keris lurus saja yang berpamor Udan Mas.

Pamor Udan Mas pada sebilah Keris memiliki nilai ajaran yang luhur. Pola gambaran lingkaran seperti obat nyamuk itu bisa dimaknai bahwa Manusia pada umumnya dan khususnya pemilik Keris berpamor Udan Mas harus memiliki kepekaan dan kepedulian sosial serta harus bisa bermanfaat bagi sesama makhluk TUHAN di muka bumi.

Pola lingkaran dari tengah yang semakin lama semakin melebar memiliki makna bahwa Manusia harus selalu meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosialnya bagi sesama. Selain itu, pamor Udan Mas juga mengandung ajaran berupa perintah untuk bersedekah. Udan (bahasa Jawa) artinya adalah hujan, dan sedekah itu bagaikan hujan emas, baik bagi pemberi sedekah maupun penerima sedekah.

Baca juga: Sholawat dan sedekah adalah kunci hidup bahagia dan banyak rejeki

Hujan juga memiliki sifat mendinginkan, demikian juga dengan sedekah. Karena dengan sedekah akan mampu mendinginkan dan melembutkan hati orang yang memberikan sedekah maupun orang yang menerima sedekah.

Bagi sipenerima, sedekah yang diterimanya akan dirasakan bagaikan hujan emas, atau karunia yang sangat berarti dalam kehidupannya, dan bagi pemberi sedekah, maka apa yang disedekahkannya akan menjadi berkah bagi dirinya dan justru akan semakin bertambah. Melalui sedekah, hubungan sosial antara pemberi sedekah dan penerima sedekah akan semakin lembut dan harmonis.

Untuk soal tuah kerejekian pada pamor Udan Mas pada prinsipnya tergantung dari kemampuan pemilik Keris untuk melaksanakan ajaran atau perintah yang terkandung pada pamor Keris tersebut, yaitu bersedekah. Karena semakin banyak kita bersedekah, maka akan semakin banyak pula berkah yang akan kita terima, termasuk rejeki atau harta benda. Jadi intinya, jika ingin kaya maka perbanyaklah sedekah.

Tanpa memiliki Keris berpamor Udan Mas-pun, asalkan mau bersedekah maka rejekinya pasti akan dimudahkan oleh ALLAH SWT. Jadi, jika ingin menjadi kaya atau memiliki banyak harta, kuncinya adalah dengan memperbanyak sedekah dengan uang/harta benda yang dimiliki karena tidak pernah ada orang yang jatuh miskin karena banyak bersedekah, tapi justru sebaliknya, kekayaannya akan semakin bertambah banyak.

Jadi intinya, walaupun seseorang memiliki Keris berpamor Udan Mas tapi tidak memahami filosofinya dan tidak mau melaksanakan pesan atau ajaran yang terkandung didalamnya untuk bersedekah, maka tuah kerejekian pada pamor tersebut tidak akan berfungsi dengan maksimal.

Baca juga: Kelebihan Keris Pamor Meteor

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah kerejekian pamor Udan Mas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Filosofi dan Tuah Keris Pamor Udan Mas"

  1. Rahayu.

    Saya hanya berbagi pengalaman cara mengetahui keris atau pusaka pamor udan mas asli atau tidak yaitu dengan cara merendam penuh di xampuran air kelapa , mengkudu dan air perasan jeruk nipis. Biarkan beberapa jam nanti kalau memang asli maka anda dapat melihat dengan jelas bahwa akan terdapat gelembung seperti yang seperti titik titik air hujan pada air rendaman tepas di atas keris. Itulah keris pamor udan mas yang asli dan ada yoninya , karena sekarang banyak keris udan mas buatan empu sekarang yang jelas beda kandungan spiritualnya

    ReplyDelete
UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: