Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos tentang kekuatan mistis ayam Cemani

gambar ayam cemani asli
Ayam Cemani

Hartalangit.com - Ayam Cemani merupakan ayam lokal asli Indonesia, tepatnya dari pulau Jawa. Kata Cemani berasal dari bahasa Jawa kuno yang artinya hitam legam.

Seluruh bagian tubuh ayam Cemani memang berwarna hitam, dari mulai jengger, paruh, mata, lidah, rongga mulut, bulu, kulit, ceker, sampai darah dan tulangnya juga berwarna hitam.

Konon, pada jaman dahulu ayam Cemani merupakan hewan peliharaan para Raja dan kalangan ningrat yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

Ayam Cemani yang asli memiliki prosentase warna hitam 100 persen dari bagian luar tubuh sampai bagian dalam tubuhnya yang menjadi ciri keasliannya. Ukuran tubuh ayam Cemani sedikit lebih besar dari ayam kampung.

Mitos seputar ayam Cemani:

Ada sebagian orang yang percaya bahwa ayam Cemani dapat membawa sial. Alasan kenapa ayam Cemani di anggap membawa sial karena ayam ini konon sangat disukai oleh bangsa jin / mahluk ghaib karena memiliki warna yang serba hitam.

Mitos tersebut mungkin tidak masuk akal, tapi nyatanya sampai sekarang masih banyak dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Karena di anggap sebagai hewan yang disukai oleh mahluk ghaib, ayam Cemani sering dijadikan sebagai persembahan, sesaji atau tumbal dalam ritual-ritual ghaib seperti ritual pesugihan, penarikan benda pusaka, penarikan harta ghaib, ruwatan atau sebagai syarat untuk menguasai ilmu kesaktian tertentu.

Dulu ayam Cemani sering digunakan sebagai syarat untuk penguasaan ilmu tertentu agar dapat mencapai tingkat yang sempurna. Tapi sekarang ayam Cemani lebih banyak digunakan sebagai syarat untuk ritual pesugihan dan penarikan harta ghaib.


Tapi tidak mudah untuk mendapatkan ayam Cemani yang asli karena sudah sangat langka, dan kalaupun ada harganya juga sangat mahal.

Padahal beberapa puluh tahun yang lalu ayam Cemani masih banyak berkeliaran dikebun-kebun dan halaman rumah warga karena masih banyak yang memeliharanya.

Walaupun ada yang menganggap bahwa ayam Cemani dapat membawa sial, tapi ada juga yang percaya percaya bahwa ayam Cemani adalah simbol keberuntungan.

Banyak orang yang percaya bahwa dengan memelihara ayam Cemani maka rejeki akan menjadi lancar dan aman dari gangguan sihir atau ilmu hitam, termasuk santet dan guna-guna.

Warna hitam memang identik dengan tolak bala seperti halnya tanaman-tanaman berwarna hitam yang dipercaya memiliki khasiat untuk tolak bala. Contohnya seperti sente wulung, sirih hitam, tebu ireng dan tanaman-tanaman berwarna hitam lainnya.

Terlepas dari mitos pembawa sial atau pembawa keberuntungan, ayam Cemani adalah ayam lokal Indonesia yang harus dilestarikan karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki ayam jenis lain.

Jika bisa membudidayakan ayam Cemani yang asli, maka mitos yang berlaku adalah pembawa keberuntungan karena nilai ekonomisnya sangat tinggi.


Demikian sedikit informasi tentang ciri dan mitos ayam Cemani asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Ciri & Mitos Ayam Cemani Asli - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos tentang kekuatan mistis ayam Cemani"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: