Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Tombak Kuntul Nglangak

gambar tombak kuntul nglangak
Tombak Kuntul Nglangak
Hartalangit.com – Tombak Kuntul Nglangak cukup terkenal dikalangan pecinta Tosan Aji. Tombak ini memiliki ciri khas pada bentuk bilahnya yang unik dan berbeda dengan bentuk Tombak pada umumnya.

Sesuai dengan namanya, bentuk Tombak Kuntul Nglangak sekilas memang menyerupai burung kuntul yang sedang terbang, berbeda dengan Tombak pada umumnya yang berbilah simeteris pada kedua sisinya.

Dhapur Tombak Kuntul Nglangak banyak dijumpai pada Tombak-Tombak tangguh tua. Tombak ini tidak diciptakan sebagai senjata untuk berperang, tapi lebih difungsikan sebagai pusaka yang mementingkan sisi esoterinya.

Oleh karena itulah Tombak Kuntul Nglangak banyak dicari oleh orang-orang yang percaya pada tuah ghaibnya untuk dijadikan ageman atau pusaka tindih.


Tombak Kuntul Nglangak dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kemakmuran. Tapi sebetulnya ada makna tersirat dari Tombak Kuntul Nglangak yang berkaitan dengan kepercayaan akan tuahnya.

Kuntul adalah jenis burung yang sering berkeliaran disawah untuk mencari makan. Keberadaan burung ini disuatu tempat mengindikasikan bahwa terdapat banyak sumber makanan ditempat tersebut dan kondisi lingkungan yang baik (Gemah ripah loh jinawi).

Migrasi kawanan burung Kuntul dari suatu daerah ke daerah lainnya juga bisa menjadi pertanda akan datangnya musim pancaroba. Sedangkan Nglangak artinya mendongakkan kepala ke atas.

Keris dan Tombak merupakan salah satu media yang digunakan oleh para leluhur Jawa untuk menyampaikan wejangan atau nasehat secara tersirat tentang kehidupan dan ajaran spiritual melalui bentuk dhapur maupun pamornya.


Untuk memahami filosofi Keris dan Tombak pusaka dibutuhkan penafsiran yang mendalam dan melibatkan peran batin untuk mengupas maksud dan maknanya.

Bagi masyarakat Jawa, burung kuntul melambangkan semangat gotong-royong, kekompakan, keselarasan, kebersamaan, kesetiaan dan budi pekerti yang baik. Sebagai Manusia hendaknya kita memiliki sifat-sifat tersebut agar tercipta kehidupan yang tentram, damai dan sejahtera.

Mendongakkan kepala ke atas (Nglangak) merupakan pesan untuk mengingatkan kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki didunia ini sejatinya adalah anugerah dari Sang Pencipta yang harus dijaga dan disyukuri.

Tombak Kuntul Nglangak merupakan pesan tersirat dari para leluhur untuk mengingatkan kita agar menjaga keselarasan dengan alam dan dengan sesama serta senantiasa mengingat TUHAN supaya mendapatkan keberkahan dalam hidup.

Segala bentuk kehidupan di alam semesta dan isinya ini merupakan satu kesatuan yang utuh, antara yang satu dengan yang lain saling terkait dan tidak bisa dipisahkan karena yang satu merupakan bagian dari yang lain.

Karena alam dan isinya merupakan satu kesatuan yang utuh, maka menjadi kewajiban kita sebagai Manusia yang ditugaskan sebagai Kholifah di bumi untuk menjaga keseimbangan alam, menciptakan kedamaian dan kesejahteraan, serta memelihara keselarasan dengan alam.

Sebagai Manusia kita berkewajiban untuk menjaga dan merawat alam semesta yang kita tempati ini dengan sebaik-baiknya, bukan malah merusaknya tanpa memikirkan keberlangsungannya untuk generasi berikutnya.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Tombak Kuntul Nglangak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Tombak pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Tombak Kuntul Nglangak"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: