Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Mitos Perkutut Blorok Sono

gambar perkutut katuranggan blorok sono
Ilustrasi Perkutut Blorok Sono
Hartalangit.com – Perkutut katuranggan Blorok Sono memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya karena terdapat bulu-bulu berwarna coklat muda di antara bulu-bulunya yang berwarna normal sehingga terlihat lebih menarik dibanding burung Perkutut pada umumnya.

Selain memiliki warna bulu yang unik, Perkutut Blorok Sono juga dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian dan memudahkan tercapainya cita-cita.

Karena keistimewaannya itulah yang membuat banyak orang ingin memelihara Perkutut Blorok Sono. Ada yang sekedar tertarik dengan keunikan warna bulunya dan ada juga yang mengharapkan tuahnya.


Perkutut merupakan salah satu media yang digunakan oleh para leluhur terdahulu untuk menyampaikan wejangan secara tersirat. Jadi sebetulnya, dibalik kepercayaan akan tuah Perkutut katuranggan ada petuah-petuah bijak yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Seperti halnya Perkutut katuranggan yang lain, Perkutut Blorok Sono juga memiliki makna filosofi yang berkaitan dengan mitosnya.

Sono yang dimaksud adalah pohon Sono atau Angsana sebagai simbol kekuatan yang membumi. Pohon Sono merupakan penghasil kayu berkualitas tinggi. Selain keras dan ulet, warna kayu Sono juga sangat khas, yaitu coklat kemerahan dengan serat yang indah.

Pohon Sono memiliki batang dan akar yang kokoh serta tahan terhadap perubahan iklim, bahkan perubahan cuaca yang ekstrim justru akan membuat tekstur kayu Sono menjadi semakin keras dan warnanya menjadi lebih indah.

Hal itu menggambarkan bahwa masa-masa sulit tidak membuat pohon Sono berhenti berkembang atau mati, tapi justru membuatnya menjadi semakin berkualitas.


Ranting-ranting pohon Sono Kembang yang tumbuh didekat batangnya kebanyakan menjulur ke tanah seakan menggambarkan kerendahan hati.

Sebagai Manusia hendaknya kita bisa bersikap rendah hati, meskipun sudah berada diposisi yang tinggi hendaknya tetap melihat kebawah agar selalu bersyukur dan tidak bersikap angkuh.

Itulah pesan yang hendak disampaikan dari Perkutut katuranggan Blorok Sono. Bahwa untuk menjadi besar dan kuat maka kita harus bisa melewati berbagai macam rintangan dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi.

Karena sejatinya semua kesulitan dan rintangan dalam hidup ini akan membentuk kita menjadi Manusia berkualitas yang tahan banting.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Blorok Sono yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Mitos Perkutut Blorok Sono"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: