Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Nama-Nama Dhapur Keris Luk 13

gambar keris sengkelat luk 13
Keris Sengkelat

Hartalangit.com – Setiap dhapur Keris, baik itu Keris lurus maupun Keris luk memiliki makna tersirat tentang nilai-nilai kehidupan dan ajaran spiritual yang disimbolkan melalui bentuk dan nama dhapur, ricikan serta jumlah luknya.

Jumlah luk Keris pasti selalu ganjil mulai dari luk 1 sampai luk 13 ganjil yang masing-masing memiliki makna fulosofi yang berbeda.

Luk 13 merupakan jumlah luk terbanyak menurut pakem Jawa, karena jika ada Keris yang jumlah luknya lebih dari 13 disebut Keris Kolowijan atau bukan merupakan Keris yang umum. Pada artikel Harta Langit kali ini kami akan membahas tentang nama-nama dhapur Keris luk 13 menurut pakem Jawa.


Berikut ini nama-nama dhapur Keris luk 13:

1. Keris Sengkelat

Keris Sengkelat merupakan salah satu dhapur Keris luk 13 yang paling populer dikalangan pecinta Tosan Aji. Ricikan pada Keris ini, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah satu, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng, terkadang ada juga yang memakai odo-odo sehingga permukaan bilahnya nggigir sapi.

Keris Sengkelat diciptakan pada zaman Kerajaan Majapahit akhir pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V. Bahkan Keris ini menjadi maskot Kerajaan Majapahit yang memiliki gelar Kanjeng Kyai Ageng Puworo dan memiliki tempat khusus didalam gedhong pusaka Kerajaan.

Keris Sengkelat dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan wibawa dan kharisma, memudahan untuk meraih kekuasaan dan jabatan tinggi serta menangkal sengkolo.

Karena kepercayaan akan tuahnya itulah yang membuat Keris Sengkelat banyak diburu oleh para pemimpin dan pejabat pemerintahan.


2. Keris Parung Sari

Keris Parung Sari merupakan salah satu dhapur Keris luk 13 dengan ukuran panjang bilah normal dan ada yang memakai odo-odo sehingga permukaan bilahnya nggigir sapi.

Ricikan pada Keris Parung Sari, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah dua, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. Ada yang memakai jenggot dan ada juga yang tidak.

Keris ini sangat mirip dengan Keris Sengkelat, baik dari jumlah luknya maupun ricikannya. Yang membedakan keduanya hanya pada jumlah lambe gajahnya saja. Keris Parung Sari memiliki dua labe gajah, sedangkan Keris Sengkelat hanya memiliki satu lambe gajah.

Tuah dari Keris Parung Sari lebih condong untuk kasepuhan dan kewibawaan yang akan membuat pemiliknya memiliki aura kewibawaan dan kharisma yang besar sehingga akan disegani oleh semua orang serta memiliki nama baik dimasyarakat.

Keris Parungsari adalah simbolisasi harapan agar orang yang memiliki Keris ini dapat memiliki kehidupan yang tentram dan damai (adem ayem).


3. Keris Johan Mangan Kolo

Keris Johan Mangan Kala merupakan dhapur Keris luk 13 yang cukup langka dan jarang dijumpai. Ricikan pada Keris ini, antara lain: gandhik lugas, sogokan rangkap, greneng dan gulo milir.

4. Keris Kantar

Keris Kantar merupakan salah satu dhapur Keris luk 13 yang cukup langka dan jarang dijumpai. Ricikan pada Keris ini, antara lain: kembang kacang pogog, jalen, lambe gajah satu, sogokan satu dibagian depan, tikel alis, sraweyan dan ri pandan.

Keris dhapur Kantar sering di anggap sebagai Keris pengageng atau Keris yang berfungsi untuk mengayomi Keris-Keris yang lain.

5. Keris Lung Gandhu

Keris Lung Gandhu adalah salah satu dhapur Keris luk 13 dengan ukuran panjang bilah normal. Ricikan pada Keris ini, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah dua dan grenang.

6. Keris Panji Paniwen

Keris Panji Paniwen merupakan salah satu dhapur Keris luk 13 dengan ukuran panjang bilah normal. Ricikan pada Keris ini antara lain: kembang kacang pogog, jalen, lambe gajah, gonjo wilut, kruwungan dan odo-odo.

7. Keris Korowelang

Keris Korowelang merupakan salah satu dhapur Keris luk 13 yang cukup terkenal. Ukuran panjangnya normal dengan ricikan, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah satu dan ri pandan susun.


8. Keris Nogo Bangkokan

Keris Nogo Bangkokan adalah salah satu dhapur Keris Naga luk 13 yang cukup langka. Sperti Keris dhapur Naga lainnya, gandhik Keris ini juga berbentuk kepala Naga memakai mahkota tapi badannya hanya sampai pada luk pertama saja atau hanya ditengah-tengah sogokan (mengikuti janur). Ricikan pada Keris ini, antara lain: sraweyan, tikel alis, dan ri pandan susun.

9. Keris Nogo Siluman luk 13

Keris Nogo Siluman juga merupakan salah satu Keris dhapur Naga yang cukup terkenal dan banyak diburu oleh para kolektor dan penggemar Tosan Aji.

Gandhik Keris ini berbentuk kepala Naga memakai mahkota tapi hanya sebatas leher saja karena badannya dibuat tersamar atau menyatu dengan bilah Keris. Oleh karena itulah Keris ini dinamakan Nogo Siluman.

10. Keris Nogo Sosro

Keris Nogo Sosro merupakan salah satu Keris dhapur Naga yang paling terkenal. Gandhiknya berbentuk kepala Naga memakai mahkota narpati lengkap dengan badan yang menghiasi bilah Keris sampai ujung Keris, sedangkan ricikan lainnya adalah greneng susun.


Demikian sedikit informasi tentang nama-nama dhapur Keris luk 13 menurut pakem Jawa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Nama-Nama Dhapur Keris Luk 13"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka: