Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Pulanggeni Lurus

gambar keris pulanggeni lurus
Keris Pulanggeni Lurus

Hartalangit.com – Keris Pulanggeni cukup terkenal dikalangan pecinta Tosan Aji, karena nama Keris ini memiliki kesamaan dengan pusaka milik Arjuna dalam cerita pewayangan.

Ada dua jenis Keris Pulanggeni, yaitu Keris Pulanggeni luk 5 dan Keris Pulanggeni lurus. Dikalangan penggemar Tosan Aji, Keris Pulanggeni luk 5 lebih familiar dibanding Keris Pulanggeni lurus.

Keris Pulang Geni lurus memiliki bentuk yang sederhana dengan gandhik polos, memakai pejetan, tikel alis, ri pandan susun dan permukaan bilahnya nglimpo.

Meskipun bentuknya sederhana tapi Keris ini terlihat sangat berwibawa. Dari segi filosofi dan tuahnya, secara garis besar sebetulnya antara Keris Pulanggeni lurus dan Keris Pulanggeni luk 5 bisa dikatakan sama.


Pulang Geni bisa di artikan sebagai ratus / dupa / kemenyan (wewangian yang bersifat religius) sebagai simbol bahwa dalam kehidupan ini Manusia harus berusaha untuk menempuh jalan yang lurus, selalu berperilaku baik dan bisa bermanfaat bagi sesama, seperti halnya dupa yang memberikan keharuman bagi lingkungan sekitarnya.

Dengan selalu berperilaku baik dan selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi sesama, maka akan membuatnya dicintai dan dihormati oleh banyak orang serta akan membuat namanya selalu dikenang walaupun hayat sudah tidak dikandung badan.

Keris Pulanggeni merupakan pesan atau wejangan tersirat agar pemilik Keris ini bisa berlaku seperti dupa yang hidup untuk menyebarkan keharuman bagi lingkungan sekitarnya.


Pada jaman dahulu, Keris dhapur Pulang Geni banyak dimiliki oleh para pahlawan atau pejuang sebagai simbol perjuangan dan ketulusan dalam membela Bangsa dan Negara, sehingga nama baiknya akan senantiasa harum dan dikenang sepanjang masa.

Keris Pulanggeni lurus dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kewibawaan, meningkatkan kharisma, untuk tolak bala dan memudahkan tercapainya cita-cita. Sehingga pemilik Keris ini akan dihormati dan disegani oleh banyak orang serta memiliki nama baik di masyarakat.

Selain itu, tuah Keris Pulanggeni lurus juga dipercaya dapat menghindarkan pemiliknya dari segala bentuk fitnah dan kejahatan yang bisa menghancurkan reputasi / nama baiknya, serta memudahkan pemiliknya dalam meraih cita-citanya.

Keris Pulanggeni lurus merupakan ajaran tersirat agar pemilik Keris ini senantiasa menempuh jalan yang lurus dan selalu berbuat kebaikan pada sesama sehingga akan memiliki nama baik (harum) yang akan selalu dikenang.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, filosofi dan tuah Keris Pulanggeni lurus yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Pulanggeni Lurus"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: