Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Perbedaan Keris Combong dan Keris Pamengkang jagad serta tuah ghaibnya

gambar keris combong asli sepuh
Keris Combong

Hartalangit.com – Keris Combong adalah Keris yang memiliki lubang pada bagian sor-sorannya. Lubang pada Keris Combong memang sengaja dibuat oleh sang Empu dengan tujuan khusus.

Keris Combong sangat terkenal dengan tuah pengasihannya (pelet/pemikat), sehingga Keris ini banyak diburu para penggemar Tosan Aji yang percaya pada tuah ghaib Keris.

Keris Combong dipercaya memiliki tuah ampuh untuk memikat lawan jenis dan juga untuk melancarkan segala macam urusan.


Combong artinya berlubang sebagai simbol harapan agar apa yang menjadi tujuan atau cita-cita pemilik Keris ini dapat terwujud atau tembus tanpa halangan.

Keris Combong berbeda dengan Keris Pamengkang Jagat, karena lubang pada Keris Pamengkang Jagad merupakan retakan yang terjadi akibat proses penempaan dan penyepuhan yang tidak sempurna.

Lubang pada Keris Combong biasanya terletak dibagian sor-soran atau ditengah bilah dan terlihat rapi/halus, sedangkan lubang pada Keris Pamengkang Jagat bisa terletak dibagian sor-soran, tengah bilah atau ujung bilah dengan bentuk yang tidak rapi dan reta-rata retak memanjang. Biasanya retakan tersebut terjadi pada Keris-Keris berpamor miring.

Secara umum Keris Pamengkang Jagat di anggap sebagai Keris cacat atau tidak sempurna, sehingga banyak yang beranggapan jika Keris ini tidak baik untuk dimiliki karena dapat membawa pengaruh negatif bagi orang yang memilikinya.


Tapi bagi sebagian orang lainnya justru menganggap jika Keris Pamengkang Jagad lebih bertuah dibanding Keris-Keris yang normal atau sempurna. Konon adanya retakan atau lubang tersebut semakin memperkuat tuah ghaibnya.

gambar keris pamengkang jagad asli sepuh
Keris Pamengkang Jagad

Retakan pada Keris Pamengkang Jagad terjadi bukan karena disengaja, tapi karena pembuatan saton pada saat penempaan suhunya kurang tinggi, sehingga ada bagian dari besi dan bahan pamornya atau lapisan logam lainnya yang tidak menempel/menyatu dengan sempurna.

Tapi hal itu baru diketahui setelah Keris tersebut sudah jadi, yaitu pada saat nyepuhi tiba-tiba bilah Keris menjadi retak. Jadi dari segi tehnik pembuatan, Keris Pamengkang Jagad sebetulnya adalah produk gagal.

Di kalangan Kraton, Keris Pamengkang Jagad tergolong dalam Keris yang tidak baik untuk dimiliki karena ada kesalahan/tidak sempurna dalam proses pembuatannya. Tapi anehnya kalangan luar Kraton justru banyak yang menganggap Keris ini bertuah baik, bahkan bukan hanya didalam negeri saja Keris ini disukai, tetapi juga disukai oleh para pecinta Keris di Malaysia dan Brunei.

Dari sisi esoteri, Keris Pamengkang Jagad termasuk pemilih karena tidak semua orang cocok untuk memilikinya. Tuah Keris Pamengkang Jagad di anggap lebih cocok untuk orang-orang yang memiliki kekuasaan diwilayah tertentu seperti Lurah, Camat, Bupati, atau orang-orang yang memiliki jabatan sebagai pimpinan.


Demikian sedikit informasi tentang perbedaan Keris Combong dan Keris Pamengkang Jagad serta tuah ghaibnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka dan benda-benda pusaka lainnya, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.
Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Perbedaan Keris Combong dan Keris Pamengkang jagad serta tuah ghaibnya"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: