Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Brojol Yang Legendaris

gambar keris brojol tangguh pajajaran
Keris Brojol
Hartalangit.com – Keris Brojol adalah salah satu dhapur Keris lurus dengan ukuran panjang bilah normal. Bentuknya sangat sederhana dengan gandhik polos dan hanya terdapat pejetan saja, sedangkan ricikan lainnya tidak ada.

Namun dibalik bentuknya yang sangat sederhana itu, Keris Brojol memiliki makna filosofis yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Ricikan pada Keris dhapur Brojol juga memiliki pesan moral yang dalam, yaitu: Pejetan melambangkan kelapangan hati dan Gandhik polos melambangkan ketabahan dalam menjalani hidup. Kelapangan hati untuk menerima segala sesuatu yang diperoleh, khususnya terhadap keadaan yang tidak menyenangkan hati.

Fitrah Manusia pada dasarnya memiliki kecondongan percaya pada kekuasaan TUHAN dan meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi didunia ini merupakan takdir TUHAN. Namun demikian Manusia harus tetap berikhtiar dan harus berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meraih impiannya.


Tapi usaha tersebut harus dijalani dengan sewajarnya, "ojo ngoyo" atau memaksakan diri diluar batas kemampuannya sampai melanggar norma dan ajaran Agama serta merugikan orang lain.

Orang yang hidup ngoyo dan neko-neko (bertingkah) cenderung akan berbuat dan berperilaku tidak baik yang justru akan menjauhkan dirinya dari pencapaian fitrahnya sebagai Manusia.

Keris dhapur Brojol termasuk Keris yang sangat legendaris dan paling banyak dijumpai seperti halnya Keris Tilam Upih karena jaman dahulu Keris dhapur Brojol boleh dimiliki oleh semua kalangan sehingga Keris ini banyak dipesan dengan tujuan untuk mendapatkan tuahnya.

Jika mengacu pada arti kata "Brojol" atau "mbrojol" yang artinya keluar dengan mudah atau lancar, maka dapat disimpulkan jika tuah atau khasiat dari Keris Brojol adalah untuk melancarkan segala urusan, termasuk kelancaran rejeki dan juga untuk melancarkan proses kelahiran jabang bayi.

Keris dhapur Brojol memang terkenal sebagai Kerisnya dukun bayi karena jaman dahulu hampir semua dukun bayi memiliki Keris ini sebagai pusaka andalannya. Keris Brojol dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan proses persalinan sehingga jabang bayi bisa lahir dengan mudah (mbrojol) dengan sarana Keris ini.

Tapi sebetulnya Keris Brojol memiliki makna yang lebih dalam dari hanya sekedar untuk mempermudah proses kelahiran jabang bayi. Sebagaimana dhapur Keris lainnya, Keris Brojol juga merupakan suatu karya yang memiliki muatan spiritual berupa ajaran-ajaran hidup.


Secara terminologi, Brojol memang identik atau erat kaitannya dengan proses kelahiran (mbrojol). Brojol atau mbrojol merupakan kalimat yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa untuk menyebut peristiwa kelahiran jabang bayi ke dunia. Oleh karena itulah kemudian Keris Brojol identik sebagai pusakanya dukun bayi sebagai sarana untuk membantu mempermudah proses lahiran atau persalinan.

Padahal, makna sesungguhnya dari Keris dhapur Brojol sebagai simbol kelahiran jabang bayi sebetulnya bukan pada proses kelahiran itu sendiri (mbrojol/lahir), akan tetapi lebih ditujukan untuk mengingatkan pemiliknya pada kesucian jabang bayi yang baru dilahirkan, yaitu fitrah Manusia.

Bayi yang baru dilahirkan adalah Manusia yang masih polos dan suci tanpa dosa. Pesan yang disampaikan dari Keris dhapur Brojol adalah agar Manusia dapat dilahirkan/disucikan kembali secara spiritual atau kembali pada fitrahnya.

Pada hakikatnya, dalam diri setiap Manusia ada fitrah untuk senantiasa berbuat baik dan menjauhkan diri dari perbuatan jahat serta angkara murka karena sejatinya nurani setiap Manusia selalu merindukan ketentraman dan kedamaian.

Jauh didasar lubuk hati setiap Manusia pada dasarnya selalu ada kerinduan untuk menuju jalan yang lurus. Itulah fitrah Manusia yang sesungguhnya, fitrah yang diajarkan oleh semua Agama.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Brojol yang legendaris. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Brojol Yang Legendaris"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: