Advertisement

Mitos tuah ghaib burung Derkuku Kol Buntet

gambar burung derkuku kol buntet
Burung Derkuku/Tekukur

Hartalangit.com – Sejak jaman dahulu burung Derkuku/Tekukur sudah menjadi burung klangenan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Jawa selain burung Perkutut dan burung Puter.

Burung Derkuku banyak digemari karena memiliki suara anggungan yang merdu, dan bagi para penggemarnya, mendengarkan suara anggungan burung Derkuku dapat membuat suasana hati menjadi tentram dan damai (adem ayem).

Tapi selain dipelihara untuk dinikmati suara anggungannya yang merdu, burung Derkuku juga sering di anggap sebagai burung yang penuh mitos dan misteri seperti halnya burung Perkutut yang dipercaya memiliki tuah tertentu berdasarkan katuranggannya.

Pada umumnya burung Derkuku/Tekukur memiliki suara anggungan dengan suara jujung kuk 1, dan jika ada burung Derkuku yang memiliki suara ujung kuk 2, kuk 3 atau yang tanpa kuk, maka burung tersebut di anggap memiliki keistimewaan tersendiri.

Burung Derkuku yang paling digemari oleh para penggemar burung Derkuku adalah yang memiliki suara ujung kuk 2 dan kuk 3 atau yang biasa disebut Derkuku Tumpang Sari.


Alasannya selain karena suaranya lebih enak didengar, Derkuku Tumpang Sari juga dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Sedangkan burung  Derkuku yang suara anggungannya tanpa kuk atau yang biasa disebut Derkuku Kol Buntet cenderung kurang diminati oleh para penggemar burung Derkuku.

Tapi orang-orang tua jaman dulu justru lebih suka memelihara burung Derkuku Kol Buntet karena dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk tolak bala.

Konon tuah burung Derkuku Kol Buntet dapat menangkal keberadaan mahluk halus pengganggu, menangkal serangan ilmu hitam seperti santet dan menangkal hama atau wabah penyakit.

Pada jaman dahulu, para petani sering memelihara burung Derkuku Kol Buntet sebagai sarana untuk menangkal hama yang menyerang lahan pertanian dan wabah penyakit yang menyerang hewan ternak.

Jadi secara umum, burung Derkuku Kol Buntet memiliki tuah atau khasiat untuk menyingkirkan hal-hal negatif dan menjadikan pemiliknya "Kalis Ing Sambikolo".

Tapi semua kembali kepada selera dan keyakinan masing-masing, bagi penggemar Derkuku yang mementingkan suara tentunya kualitas suara yang menjadi prioritas dan yang dicari pasti burung Derkuku yang memiliki suara besar dengan irama yang merdu.

Sedangkan bagi yang percaya pada tuah atau angsar pada burung Derkuku tentunya tidak mementingkan kualitas suara, karena yang terpenting burung Derkuku yang dipelihara termasuk burung yang dipercaya memiliki tuah tertentu dan dapat memberikan manfaat bagi pemiliknya.

Apapun alasan memelihara burung Derkuku, yang terpenting burung yang kita pelihara tersebut dapat membuat hati menjadi bahagia, baik ketika memandangnya atau mendengarkan suaranya.

Jika kita merasa bahagia, maka secara tidak langsung hati kita akan selalu bersyukur setiap kali memandang atau mendengar suara anggungan burung Derkuku yang kita pelihara.

Jika kita selalu merasa bahagia dan selalu bersyukur, maka TUHAN akan menambahkan nikmat dan karunia-NYA sehingga keberuntungan akan senantiasa menaungi hidup kita.


Demikian sedikit informasi tentang mitos tuah ghaib burung Derkuku Kol Buntet yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar hewan bertuah, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Mitos tuah ghaib burung Derkuku Kol Buntet"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: