Advertisement

Filosofi dan Tuah Tombak Sigar Jantung

gambar tombak sigar jantung
Ilustrasi Tombak Sigar Jantung)

Hartalangit.com - Tosan Aji seperti Keris Pusaka dan Tombak Pusaka merupakan karya peninggalan para leluhur yang dibuat bukan hanya sebagai senjata saja, tapi juga mengandung makna filosofis yang sangat dalam tentang kehidupan.

Demikian pula dengan Tombak Sigar Jantung, dibalik bentuknya yang sangat sederha itu terselip nilai-nilai ajaran yang luhur tentang kehidupan. Sigar Jantung artinya adalah bunga/jantung pisang terbelah.

Pohon pisang merupakan pohon yang sarat akan makna kehidupan. Sebelum berbuah, meskipun pohon pisang ditebang berkali-kali maka dalam beberapa hari kemudian akan kembali tumbuh tunas baru.

Begitu gigihnya pohon pisang untuk berusaha terus tumbuh sampai akhirnya bisa menghasilkan buah. Setelah berbuah, pohon pisang akan mati dengan memberikan manfaat untuk sesama dari buah yang dihasilkannya.

Itulah pohon pisang, berjuang dengan gigih untuk menghasilkan buah yang bermanfaat untuk siapapun yang membutuhkannya, seperti burung, monyet, tupai, dan Manusia.

Selain buahnya, hampir seluruh bagian dari pohon pisang juga memiliki manfaat, dari mulai batang pohonnya, daunnya, bahkan sampai bunganya juga dapat dimanfaatkan untuk sayur.


Filosofi Tombak Sigar Jantung:

Panaman Sigar Jantung karena bunga jantung pisang memiliki makna yang luar biasa tentang kerendahan hati, kebersihan budi, dedikasi, keikhlasan dan juga fase dimana seseorang akan meraih kejayaan.

Bunga jantung pisang yang berwarna merah pada bagian kulit luarnya menggambarkan sifat Manusia yang baru memiliki sedikit ilmu pengetahuan seringkali akan merasa bahwa dirinya lebih baik dibanding orang lain. Hal itu bisa terlihat dari isi jantung pisang tersebut yang begitu kecil dan masih penuh dengan getah. Jika kulit merahnya sudah terkelupas, didalamnya terdapat isi yang berwarna putih yang menggambarkan terbukanya hijab-hijab pada diri Manusia yang awalnya bersifat angkara (merah) namun ketika perlahan terbuka seluruh hijabnya yang akan terlihat adalah warna putih yang menggambarkan pribadi yang penuh dengan kerendahan hati, kemuliaan hati, dan dekatnya diri pada Yang Maha Kuasa.

Lalu ketika bunga jantung pisang tersebut telah terbuka satu-persatu kemudian akan mewujudkan bakal buah pisang yang masih berwarna hijau dan belum muncul isi buahnya. Ibarat orang yang sedang menjalani kehidupan ketika masih muda maka pada waktu itulah Manusia akan mengalami pertumbuhan, jatuh bangun, merasakan getirnya kehidupan seperti rasa buah pisang yang masih muda yang masih penuh dengan getah dan belum dapat dinikmati karena rasanya masih sepat.

Tapi seiring berjalannya waktu pisang mentah tersebut akan matang dan terasa manis buahnya. Seperti itulah proses kehidupan yang harus melalui berbagai macam cobaan, ujian, merasakan pahit getirnya kehidupan dan harus melawan kerasnya kehidupan untuk dapat menghasilkan buah yang manis.

Tapi sesungguhnya semua itu adalah bekal hingga pada akhirnya dapat memetik kejayaan yang digambarkan dengan matangnya buah pisang. Pada saat itulah Manusia di anggap telah menjadi Manusia yang sejati, yaitu Manusia yang berguna dan bermanfaat bagi sesama.

Tombak Sigar Jantung merupakan sebuah pesan agar pemiliknya dapat mengambil pelajaran dari bunga jantung pisang yang terus berproses sampai menjadi buah yang manis rasanya dan memiliki banyak manfaat.

Begitulah pohon pisang, sepanjang hidupnya, bahkan sampai mati pun selalu memberi manfaat bagi siapapun yang membutuhkannya. Pohon yang begitu gigih untuk tumbuh dan mengejar tujuannya, pohon yang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan dalam usaha meraih cita-citanya.

Tuah Tombak Sigar Jantung:

Sesuai dengan filosofi bunga jantung pisang, tombak Sigar Jantung memiliki makna tentang kegigihan, kerendahan hati dan keikhlasan yang akan menyertai pemiliknya dalam usahanya untuk meraih kesuksesan.

Demikian juga dengan khasiat atau tuahnya, yaitu akan menguatkan pemiliknya dalam proses mencapai kejayaan dan kesuksesan meskipun harus merasakan pahit getir dan jatuh bangun namun pada akhirnya kesuksesan dan kejayaan akan dapat diraih.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Tombak Sigar Jantung yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi dan Tuah Tombak Sigar Jantung"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: