Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Keris Pamor Slewah

gambar keris pamor slewah
Ilustrasi Pamor Slewah
Hartalangit.com - Pamor adalah motif atau gambaran yang terdapat pada bilah Keris yang muncul akibat proses tempa lipat dari beberapa jenis logam berbeda sehingga menghasilkan gradasi warna berbeda ketika diwarangi.

Selain untuk memperindah bilah Keris atau Tombak, pamor juga memiliki makna tertentu dan merupakan gambaran dari tuah yang ada pada Tosan Aji.


Setiap bentuk motif pamor pada Keris dan Tombak selalu memiliki makna atau maksud tertentu, sehingga bentuk dari pamor pada Keris atau Tombak seringkali mewakili tuahnya yang merupakan do'a dan harapan yang dipanjatkan empu pembuatnya kepada TUHAN..

Salah satu pamor Keris yang banyak dicari para penggemar Tosan Aji adalah pamor Slewah, yaitu dua jenis pamor berbeda yang terdapat pada sebilah Keris. Pada dua sisi bilahnya terdapat pamor yang berbeda. Misalnya saja pada satu sisi bilahnya berpamor Tunggak Semi dan pada sisi bilah yang satunya berpamor Wos Wutah. "Slewah" bisa di artikan "Berbeda/tidak sama/tidak seragam".

Pamor Slewah berbeda dengan Pamor Tangkis yang pada satu sisi bilahnya sama sekali tidak berpamor atau kelengan, dan pada sisi bilah yang satunya berpamor. Sedangkan pada pamor Slewah, kedua sisi bilahnya sama-sama memiliki pamor tapi berbeda jenisnya.

Pamor Slewah juga berbeda dengan pamor Dwi Warno, yaitu dua jenis pamor berbeda yang menempati satu sisi bilah Keris.

Pamor Slewah banyak disukai para penggemar Tosan Aji karena diyakini memiliki tuah untuk memudahkan dalam pergaulan, sehingga pemilik Keris dengan pamor Slewah bisa mudah bergaul dan bisa diterima oleh siapa saja dari golongan manapun. Sedangkan tuah utamanya tergantung dari jenis pamor yang menempati kedua sisi bilahnya.

Keris dengan pamor Slewah di anggap istimewa karena satu Keris dipercaya memiliki beberapa tuah sekaligus (multi fungsi).


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris pamor Slewah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Keris Pamor Slewah"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: