Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri dan tuah Perkutut Tretes Mas

gambar perkutut tretes mas / tretes emas
Perkutut Katuranggan Tretes Mas

Harta Langit - Sejak jaman dahulu hingga sekarang, Perkutut lokal selalu dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis sehingga membuat sebagian orang ada yang mengkeramatkan burung ini karena di anggap memiliki kekuatan ghaib.


Karena di anggap sebagai burung keramat, sampai-sampai ada sebagian orang yang tidak berani untuk memelihara burung Perkutut lokal karena takut akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Tapi bagi sebagian orang lainnya justru beranggapan dengan memelihara Perkutut yang berkaturanggan baik dapat membawa keberuntungan dan hal-hal baik lainnya sesuai dengan ciri mathi atau katuranggannya.

Bagi para penggemar burung Perkutut lokal tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah katuranggan atau ciri mathi, yaitu tanda khusus pada fisik maupun perilaku burung Perkutut yang diyakini memiliki tuah atau manfaat tertentu jika dipelihara.


Ada banyak sekali jenis katuranggan burung Perkutut lokal yang masing-masing dipercaya memiliki manfaat atau tuah yang dapat mempengaruhi kehidupan maupun karakter pemiliknya.

Salah satu katuranggan burung Perkutut yang cukup populer dan dinilai baik untuk dipelihara adalah Perkutut Tretes Mas karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian.


Ciri-ciri Perkutut katuranggan Tretes Mas, antara lain: Bulu-bulu pada bagian kepala, bagian leher, bagian dalam sayap dan disekujur tubuhnya terdapat bercak-bercak berwarna kuning keemasan.

Warna keemasan (semburat karat) tersebut tidak akan hilang setelah proses mabung atau setelah bulunya tercabut karena bulu-baru baru yang tumbuh akan tetap memiliki warna yang sama seperti sebelumnya.

Perkutut katuranggan Tretes Mas dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya, terutama dalam hal kerejekian. Tapi tidak mudah untuk mendapatkan Perkutut jenis ini karena termasuk katuranggan yang langka dan sulit ditemui.

Perkutut Tretes Mas memang tidak terlalu populer seperti Perkutut Udan Mas, tapi dari segi tuah Perkutut Tretes Mas dipercaya memiliki tuah yang hampir sama yaitu untuk kelancaran rejeki dan mendatangkan kekayaan.

Tretes Mas bisa di artikan tetesan emas, dari kata Tretes yang artinya tetesan air atau rembesan air dan Mas yang artinya emas atau logam mulia yang menjadi simbol kemakmuran, kekayaan dan kemuliaan.

Kata tretes mengacu pada sumber air yang memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Pesan tersirat dari katuranggan Tretes Mas, yaitu agar pemiliki Perkutut ini dapat menjadi Manusia yang bermanfaat bagi sesama dan lingkungan sekitarnya seperti halnya sumber air. Dengan begitu, maka kehidupannya akan dipenuhi keberkahan, kebahagiaan dan kemuliaan.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Tretes Mas (Tretes Emas) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Filosofi & Tuah Perkutut Tretes Mas - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan tuah Perkutut Tretes Mas"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: