Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah dan makna pamor Keris

pamor udan mas
Pamor Udan Mas

Hartalangit.com - Pada umumnya nama dan motif pamor selalu dikaitkan dengan tuah dari sebilah Keris atau Tosan Aji lainnya. Untuk mengetahui sebilah Keris atau Tombak itu baik atau tidak tuahnya, maka yang pertama akan di amati adalah jenis motif pamornya. Demikian juga jika ingin mengetahui apa tuah atau manfaat dari Keris tersebut, yang pertama kali dilihat adalah pamornya.

Anggapan tersebut tidak bisa disalahkan, karena jika pamor tersebut termasuk jenis pamor tiban, gambaran/motif yang muncul pada bilah Keris dianggap sebagai pertanda dari Tuhan mengenai tuah dari Keris tersebut.

Baca juga: Filosofi dan tuah kerejekian pamor Keris Udan Mas

Motif pamor pada bilah Keris dianggap sebagai petunjuk untuk memperkirakan baik atau buruknya tuah dari sebilah Keris, sekaligus juga untuk memperkirakan tuah apa yang ada pada Keris tersebut.

Jika pamornya tergolong pamor rekan, maka motif/gambarnya telah direka atau direncanakan terlebih dulu oleh sang Empu, sehingga bentuk gambarannya sesuai dengan niat/keinginan sang Empu yang dirupakan dalam do'a dan mantra yang dirapalkan selama membabar Keris tersebut.

Misalnya saja jika sang Empu berniat untuk membuat Keris dengan tujuan untuk mempermudah pemiliknya dalam mencari rejeki, maka dia akan membuat pamor Keris seperti Udan Mas, Pancuran Mas, Tumpuk, atau Mrutu Sewu. Atau jika sang Empu berniat membuat Keris dengan tujuan untuk menambah kewibawaan pemiliknya, maka dia akan membuat Keris dengan pamor seperti Nogo Rangsang, Ri Wader, Rojo Abolo Rojo, dan pamor-pamor sejenis itu.

Gambaran motif pamor adalah perlambang sebuah harapan, yaitu harapan dari sang Empu dan juga harapan dari pemilik Keris.

Dalam budaya masyarakat Jawa, bentuk-bentuk tertentu seringkali di anggap sebagai perlambang maksud dan harapan tertentu.

Misalnya:

• Bentuk bulatan, lingkaran, garis melengkung, atau gambaran yang memberikan kesan lumer, kental, tidak kaku melambangkan kadonyan atau kemakmuran duniawi, kekayaan, rejeki, keberuntungan, dan sejenisnya.

• Bentuk garis yang menyudut, segi tiga, segi empat, dan yang serupa dengan itu dianggap sebagai lambang harapan akan ketahanan atau daya tangkal terhadap godaan, gangguan, serangan, baik secara fisik maupun nonfisik. Jika gambaran itu dirupakan dalam bentuk pamor, itu melambangkan harapan akan kesaktian dan kadigdayan.

• Bentuk garis lurus yang membujur atau melintang, atau diagonal, dipercaya sebagai lambang harapan akan kemampuan untuk mengatasi atau menangkal segala sesuatu yang tidak diharapkan. Pamor yang serupa itu, tuahnya diyakini dapat untuk menolak bala, menangkal guna-guna dan gangguan makhluk halus, menghindarkan bahaya angin ribut dan badai, menghindarkan dari gangguan binatang buas dan binatang berbisa. Misalnya saja seperti pamor Adeg.

Oleh karena itulah, seorang Empu Keris bisa dikatakan sebagai seniman sekaligus spiritualis yang memahami bahasa perlambang, dan menggunakan gambaran pamor sebagai media komunikasi.

Baca juga:

Makna dan pesan tersirat dari Keris

Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

Demikian sedikit informasi tentang tuah dan makna pamor Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah dan makna pamor Keris"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: