Advertisement

Jenis-jenis pamor pada Keris dan Tosan Aji lainnya

Hartalangit.com - Ada beberapa jenis pamor pada Keris, Tombak dan Tosan Aji lainnya yang masing-masing memiliki ciri dan motif yang berbeda-beda sesuai dengan betuk dan tehnik pembuatannya, ada yang bentuknya tidak disengaja atau yang biasa disebut sebagai pamor tiban dan ada yang bentuk motifnya sejak awal sudah direncanakan/dirancang atau yang disebut pamor rekan.

Istilah-istilah yang biasa digunakan pada pamor Keris atau biasa disebut dengan istilah "Wujud Semuning Pamor" pada umumnya kurang begitu dikenal lagi oleh orang-orang jaman sekarang. Padahal jenis pamor yang terdapat pada bilah Keris juga menjadi unsur penting untuk menentukan kualitas dan nilai dari sebilah Keris.

Baca juga: Perbedaan Keris pamor meteor dan pamor nikel

Berikut ini jenis-jenis pamor pada Keris dan Tosan Aji lainnya:

• Pamor Mrambut

Pamor jenis ini merupakan istilah penilaian pamor melalui kesan rabaan (grayangan), yaitu pamor yang jika diraba dengan ujung jari akan terasa seperti meraba rambut. Pamor mrambut berbentuk seperti susunan helaian rambut, atau seperti serat-serat halus dan lembut.

• Pamor Ngawat

Pamor jenis ini juga dinilai dari kesan rabaan seperti pamor mrambut, tetapi kesan rabaannya terasa tidak sehalus pramor mrambut, tapi seolah-olah seperti meraba helaian-helaian kawat yang lembut.

• Pamor Nggajih

Pamor jenis ini merupakan istilah penilaian pamor melalui kesan penglihatan, yaitu pamor yang tampak seperti lemak beku (gajih) yang menempel pada permukaan bilah Keris.

Keris atau Tosan Aji lainnya yang pamornya nggajih biasanya adalah Keris-Keris yang bermutu rendah atau yang sering disebut Keris rucahan. Keris semacam itu jika dijentik (di thinthing) biasanya tidak berdenting.

• Pamor Mbugisan

Pamor jenis ini dinilai melalui kesan penglihatan dan rabaan. Permukaan bilah Keris yang pamornya tergolong mbugisan memiliki kesan rabaan halus, sedangkan gradasi perbedaan warna antara besinya yang hitam dan pamornya yang putih keperakan tidak nyata terlihat (tidak kontras).

• Pamor Nyanak

Pamor nyanak adalah istilah untuk pamor sanak atau pamor peson yang dinilai menurut kesan penglihatan dan rabaan. Alur-alur pola gambaran pamor ini tidak jelas/tidak kontras, tetapi kesan rabaannya sangat terasa dan agak kasar.

Keris yang pamornya tergolong sanak biasanya dibuat dari bahan pamor yang berupa mineral besi yang didapat dari daerah lain, dan jika dijentik, Keris dengan pamor sanak tidak berdenting nyaring.

• Pamor Kelem

Pamor jenis ini memiliki penampilan yang cukup jelas, cukup kontras, tetapi memiliki kesan sedemikian rupa sehingga seolah-olah yang terlihat hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan pamor yang ada, atau seolah-olah sebagian besar dari pamor tersebut tenggelam didalam bilah Keris. Pamor kelem jika diraba akan terasa lumer atau halus dan lembut.

• Pamor Kemambang

Pamor kemambang adalah kebalikan dari pamor kelem. Pamor ini memberi kesan seolah bagian pamor yang tertanam dibilah Keris hanya sedikit saja dan jika diraba, pamor kemambang juga memberikan kesan lumer dan halus.

• Pamor Ngintip

Pamor ngintip adalah istilah untuk penamaan pamor yang sangat kasar kesan rabaannya, dan kadang-kadang pada beberapa bagian terasa tajam.

Pamor ngintip bisa terjadi karena dua sebab, yang pertama karena Empu pembuatanya boros (loma) dalam panambahan bahan pamor yang digunakannya, sehingga jumlah bahan pamor yang digunakan menjadi berlebihan. Bisa juga terjadi karena unsur ketidak sengajaan, yaitu untuk memberikan kesan wingit pada Keris yang dibuatnya.

Sebab yang kedua karena sang Empu menggunakan bahan pamor bermutu tinggi, tetapi besi yang digunakan mutunya kurang bagus, sehingga yang terjadi besinya cepat aus sedangkan pamornya masih utuh, maka yang terjadi kemudian pamor tersebut akan muncul pada permukaan bilah secara berlebihan.

• Pamor Mubyar

pamor mubyar
Ilustrasi Pamor Mubyar

Pamor mubyar adalah jenis pamor yang warnanya tampak cerah, cemerlang, dan kontras dengan warna besinya. Tapi walaupun warnanya kontras, jika diraba akan terasa lumer dan halus.

Selain istilah-istilah yang di atas, untuk menilai pamor kita juga harus mengamati kondisi tertanamnya pamor pada bilah Keris atau Tosan Aji lainnya. Menurut istilah Jawa, kondisi itu disebut tanceping/tumanceping pamor.

Tanceping atau tertancapnya pamor pada bilah Keris ada dua macam, yaitu:

- Pandes (pandhes), yaitu pamor yang seolah tertanam dalam dan kokoh.

- Kumambang, yaitu pamor yang seolah-olah mengambang atau mengapung di permukaan bilah.

Baca juga:

Pengertian tentang Keris tayuhan dan cara menayuh Keris

Minyak khusus perawatan pusaka dan khodam pusaka

Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis pamor pada Keris dan Tosan Aji lainnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Jenis-jenis pamor pada Keris dan Tosan Aji lainnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: