Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Ampuh Keris Panimbal

gambar keris panimbal luk 9
Keris Panimbal
Hartalangit.com - Keris Panimbal adalah salah satu dhapur Keris luk 9 yang cukup populer dikalangan pecinta Tosan Aji. Ukuran panjang bilahnya sedang dengan ricikan, antara lain: kembang kacang, jalen, lambe gajah, tikel alis, sogokan rangkap, sraweyan dan greneng. Ada yang menggunakan odo-odo sehingga permukaan bilahnya nggigir sapi dan ada juga yang nglimpo.

Pada jaman dahulu Keris Panimbal banyak dimiliki oleh para abdi dalem Kraton karena tuahnya dipercaya dapat membantu pemiliknya menjadi orang yang terpilih atau mendapat kepercayaan dari atasannya, bahkan dari Raja dan mendapat kepercayaan untuk melaksanakan tugas-tugas penting Kerajaan.

Baca juga: Keris pusaka untuk kenaikan pangkat dan jabatan

Filosofi Keris Panimbal:

Keris Panimbal memiliki makna kebijaksanaan dan kekuasaan dan merupakan ajaran tersirat untuk mengingatkan kita sebagai Manusia agar senantiasa merasa terpanggil untuk melakukan tugas dan kewajiban kita sebagai Manusia, yaitu tugas dan kewajiban terhadap sesama serta tugas dan kewajiban kita kepada TUHAN.

Tuah Keris Panimbal:

Tuah Keris ini dapat menjadikan pemiliknya memiliki kharisma dan daya pikat terhadap lawan bicara sehingga semua kata-katanya akan selalu didengarkan, dipercaya dan dipatuhi. Karena tuahnya itulah Keris Panimbal menjadi salah satu Keris yang memiliki kelas tersendiri pada masa lalu.

Tuah Keris ini juga dipercaya dapat memanggil atau menarik Keris-Keris lain untuk datang dan dimiliki oleh pemilik Keris Panimbal dengan berbagai macam jalan, karena arti kata "Panimbal" adalah pemanggil.

Sedangkan untuk tuah lain yang menyertainya tergantung dari pamor yang menghiasi bilahnya, bisa untuk kerejekian, perlindungan, tolak bala dan lainnya.

Baca juga:

Jenis-jenis sesaji untuk menambah kekuatan khodam Keris pusaka

Jenis-jenis besi bertuah untuk bahan pembuatan Keris pusaka

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah ampuh Keris Panimbal yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Ampuh Keris Panimbal"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: