Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Sejarah Keris Brojoguno dan keistimewaannya

keris brojoguno
Ilustrasi Keris Brojoguno

Hartalangit.com - Keris Brojoguno sangat terkenal dan banyak diburu oleh para kolektor Keris karena memiliki keistimewaan pada bilahnya yang dapat menembus logam. Cerita tentang keampuhan Keris Brojoguno berawal dari masa penjajahan, yaitu pada saat seorang pangeran dari lingkungan Kraton Solo yang berhasil menusukkan Kerisnya hingga tembus pada baju zirah seorang petinggi pasukan Belanda.

Secara harfiah, kata "Brojo" berarti "besi", dan "Guno" berarti "berguna". Jika kedua kata tersebut digabungkan, maka dapat di artikan bahwa Keris Brojoguno adalah sebilah Keris dengan besi yang sangat berguna untuk kemaslahatan Manusia.

Baca juga: Jenis-jenis besi bertuah untuk bahan pembuatan Keris pusaka

Brojoguno sendiri adalah nama seorang Mpu yang menciptakan Keris ini, beliau adalah Mpu Brojoguno sepuh yang hidup pada masa Sinuhun Paku Buwono I hingga Sinuhun Amangkurat Jawi.

Mpu Brojoguno berasal dari desa Kajoran. Beliau memiliki dua orang putera yaitu Mpu Brojoguno II dan Mpu Brojo Setika. Bersama dengan Mpu Brojokaryo, Mpu Brojo Setika inilah nantinya yang akan melahirkan Keris-Keris tangguh Mangkubumen (pada masa PB-V).

Jadi dapat kita simpulkan bahwa Keris Brojoguno yang terkenal ampuh tersebut berasal dari masa/tangguh PB I hingga PB V atau dengan kata lain dibuat pada masa Mpu Brojoguno sepuh dan Mpu Brojoguno II.

Keris Brojoguno memiliki ciri-ciri tertentu, yaitu bilahnya berukuran agak panjang dibanding Keris tangguh Mataram, tebalnya hampir 2 kali lipat dari Keris Mataram dan berbentuk ngadal meteng. Bentuk gonjonya agak melengkung dengan sirah cecak tidak begitu meruncing pada bagian ujungnya, sedangkan gulu meled dan wetengannya berukuran sedang.

Kembang kacangnya nggelung wayang, jalen dan lambe gajahnya berukuran sedang, sogokannya semakin menyempit kearah ujung dengan blumbangan dangkal. Untuk Keris Brojoguno yang tanpa kembang kacang, bentuk gandiknya agak miring.

Penampilan Keris Brojoguno terkesan tegas, gagah dan meyakinkan. Untuk Keris karya Mpu Brojoguno ll, bentuknya mirip seperti Keris karya Ayahnya tapi ukuran bilahnya lebih pendek. Sedangkan Keris karya Mpu Brojoguno lll bentuk gonjonya lebih lebar.

Pamor Keris Brojoguno tergolong rumit, lembut dan biasanya merata di seluruh permukaan bilah serta tertanam kuat dan pandes pada bilah.

Pamor miring pada Keris Brojoguno tampak sangat rapi dengan alur pamor tidak ada yang saling bertindihan antara satu dengan yang lainnya.

Keris Brojoguno bisa berpamor apa saja, tapi yang paling banyak adalah pamor Wos Wutah, Pedaringan Kebak, Ron Genduru, Wengkon, Nogo Rangsang, Koro Welang dan Lar Gangsir.

Baca juga:

Mengungkap kekuatan fisik dan ghaib Keris

Cara mengenali ciri-ciri Keris baru dan Keris sepuh

Demikian sedikit informasi tentang sejarah Keris Brojoguno dan keistimewaannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Sejarah Keris Brojoguno dan keistimewaannya"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: