Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Sholawat adalah kunci Dunia dan Akhirat

bacaan sholawat nabi
Bacaan Sholawat Nabi dan artinya

Hartalangit.com - Bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang pasti diterima oleh Allah SWT. Berbeda dengan jika kita bersedekah dengan tujuan ingin mendapat pujian, maka sedekah yang kita keluarkan tersebut akan sia-sia.

Begitu juga jika kita sholat karena ingin diperhatikan oleh Manusia, maka sholat kita tidak akan mendapatkan pahala. Tapi jika kita bersholawat walaupun kita riya, tetap akan mendapatkan pahala karena sholawat berhubungan langsung dengan Nabi Allah yang agung, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Membaca sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad merupakan ibadah yang pahala dan keutamaannya sangat besar, sampai-sampai sebagian kaum ‘arifin mengatakan, "Sesungguhnya sholawat itu bisa mengantarkan pengamalnya untuk ma’rifat billah meskipun tanpa guru spiritual (mursyid)", karena guru dan sanadnya langsung melalui Kanjeng Nabi Muhammad.

Setiap sholawat yang dibaca seseorang selalu diperlihatkan kepada Kanjeng Nabi Muhammad dan beliau akan membalasnya dengan do'a yang serupa.

Hal ini berbeda dengan dzikir-dzikir selain sholawat yang harus di amalkan melalui guru spiritual (mursyid) yang sudah mencapai maqam ma’rifat, karena jika tidak demikian maka pengamalnya akan dimasuki setan dan tidak akan mendapatkan manfaat apapun.

• Imam Abul Hasan Al Syadzilli pernah berkata: "Di akhir zaman, tidak ada amalan yang lebih baik dari pada bersholawat kepada Rasulullah SAW".

• Al Hafidz Al Syaraji berkata: "Semua dzikir tidak diterima kecuali dengan khusyuk dan hadir hatinya kecuali sholawat, maka akan diterima meskipun tanpa khusyuk dan hadirnya hati".

• Abul Hasan Al Bakri berpesan: "Seharusnya tiap hari seseorang jangan kurang membaca sholawat dari 500 kali".

• Al Habib Umar bin Hafidz mengatakan: "Sesungguhnya apabila engkau melakukan keta'atan kepada Allah seumur hidupmu, bahkan Allah berikan di atas umurmu adalah umurnya seluruh manusia untuk digunakan dalam keta'atan kepada-NYA, maka sesungguhnya lebih hebat satu sholawat dari Allah SWT".

• Syaikh Ibn Athaillah AlSakandari berkata: "Siapa yang (merasa) tidak memiliki amalan sholat dan puasa yang banyak untuk menghadap Allah di hari kiamat, maka hendaknya ia perbanyak membaca sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW".

• Al Quthb Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad menyebutkan bahwasanya para ulama berkata: "Satu sholawat dari Allah cukup untuk seorang hamba, dunia dan akhirat".

• Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki pernah berpesan: "Jangan tinggalkan membaca sholawat kepada Rasulullah SAW, karena bacaan sholawat itu merupakan kunci segala kebaikan dan pintu segala keutamaan untuk agama, dunia dan akhirat".

• Syaikh Abdul Qadir Al Jailani pernah berwasiat: "Dengan membaca sholawat, seorang hamba dapat meraih keridhaan Allah SWT, memperoleh kebahagiaan dan restu Allah SWT, berkah-berkah yang dapat dipetik, doa-doa yang terkabulkan, bahkan dia bisa naik ke tingkatan derajat yang lebih tinggi, serta mampu mengobati penyakit hati dan diampuni dosa-dosa besarnya".

• Abdurrahman bin Samurah meriwayatkan sebuah hadits yang dituturkan oleh Sa’id bin Al Musayyib, bahwa Nabi Muhammad bersabda: "Kulihat seorang dari umatku berjalan di atas shirath, kadang merangkak-rangkak dan kadang bergelantung. Kemudian datanglah sholawat (yang diucapkannya dahulu ketika hidup di dunia) lalu membangunkannya hingga ia dapat berdiri dan berjalan dengan kakinya, lalu ia diselamatkan oleh sholawatnya".

Dari semua uraian di atas, sangat jelas bahwa sholawat memiliki keutamaan yang sangat besar dan merupakan kunci dari Dunia dan Akhirat.

Oleh karena itu, jika kita menginginkan sesuatu, baik untuk tujuan Dunia maupun untuk tujuan Akhirat, maka bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAWadalah kunci/mahar untuk menebusnya.

Bahkan Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, yaitu Nabi Adam AS juga membaca sholawat sebagai mahar untuk menikahi Siti Hawa dan untuk memohon ampunan dari Allah SWT ketika diturunkan ke Dunia karena melanggar larangan.

Dari kisah tersebut dapat kita petik pelajaran bahwa sholawat merupakan amalan yang paling tua dari amalan-amalan lainnya dan sudah ada sejak Manusia pertama kali diciptakan. Padahal Kanjeng Nabi Muhammad SAW belum dilahirkan ketika itu, tapi sholawat atas beliau telah ada.

Jadi, sebagai umat islam dan sebagai umatnya Kanjeng Nabi Muhammad SAW, kita harus bersholawat kepada beliau, selain untuk mendapatkan keutamaan dan pahalanya.

Bacalah sholawat sebanyak-banyaknya setiap saat, setiap waktu, kapanpun dan dimanapun kecuali saat di toilet/kamar mandi, sedang melakukan aktivitas apapun ingatlah untuk selalu membaca sholawat sebanyak-banyaknya kalau bisa tanpa putus walaupun di ucapkan dalam hati.

Jika kita istiqomah dalam mengamalkannya, maka yakinlah bahwa apapun yang kita inginkan, apapun hajat kita pasti akan dikabulkan, cepat atau lambat.

Dengan membaca sholawat maka semua pintu-pintu yang tertutup akan mulai terbuka, rejeki datang dari segala arah, hati dan pikiran akan menjadi terang penuh dengan ide dan kreatifitas, selalu dilindungi dari segala mara bahaya, di tinggikan derajadnya dan di muliakan kedudukannya.

Dengan bersholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang merupakan kekasih Allah SWT, maka cinta dan kasih sayang Allah juga akan selalu menaungi langkah kita. Oleh karena itu bacalah sholawat sekarang juga sebanyak-banyaknya tidak perlu dihitung, biar Allah yang menghitungnya.


Demikian sedikit informasi tentang sholawat adalah kunci Dunia dan Akhirat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Sholawat adalah kunci Dunia dan Akhirat"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: