Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

gambar bunga wijaya kusuma / kembang wijoyo kusumo
Ilustrasi Bunga Wijaya Kusuma
Hartalangit.com - Bunga Wijaya Kusuma (Kembang Wijoyo Kusumo) dikenal sebagai sang ratu malam karena bunga ini memiliki karakter yang unik, yaitu hanya mekar pada malam hari saja dan ketika pagi tiba bersama dengan terbitnya matahari maka bunga ini akan layu dan aroma wanginya juga akan hilang. Kelopak bunganya yang berjajar rapi juga akan berguguran satu per satu.

Bunga ini sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, karena selain hanya mekar pada malam hari, aroma wanginya yang semerbak juga akan mambuat bulu kuduk merinding dan konon juga sangat disukai oleh mahluk halus.

Selain memiliki bentuk dan warna yang indah, bunga Wijaya Kusuma juga menyimpan banyak misteri dan mitos yang berhubungan dengan kewibawaan dan kekuasaan yang hingga saat ini masih dipercaya oleh banyak orang.

Karena kembang Wijoyo Kusumo termasuk sangat langka dan hanya mekar pada malam hari saja, maka tidak heran jika banyak orang yang penasaran dengan bunga keramat ini dan ingin membuktikan mitosnya.

Wijaya Kusuma abisa di artikan bunga kemenangan, dari kata "Wijaya" yang artinya "Kejayaan / Kemenangan" dan "Kusuma" yang artinya "Kembang / Bunga". Bagi sebagian masyarakat Jawa, bunga Wijaya Kusuma di anggap sebagai bunga keramat yang memiliki tuah ghaib.

Karena kepercayaan itulah yang membuat bunga Wijaya Kusuma banyak dicari oleh orang-orang yang percaya pada tuah ghaibnya untuk ditanam dihalaman rumah dengan harapan agar bisa mendapatkan khasiatnya.


Ada banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang bunga Wijaya Kusuma, antara lain:

1. Sebagian masyarakat Jawa meyakini, barang siapa yang berkesempatan menyaksikan kembang Wijoyo Kusumo / bunga Wijaya Kusuma mekar maka hidupnya akan berkelimpahan dan akan mendapatkan kejayaan.

Karena kepercayaan itulah yang membuat banyak orang sengaja menanam bunga Wijaya Kusuma dipekarangan rumahnya. Tapi meskipun banyak yang menanam bunga Wijaya Kusuma dipekarangan rumah tetap saja tidak banyak orang yang beruntung dapat menyaksikan bunga ini mekar, karena selain hanya mekar pada malam hari, tanaman ini juga hanya berbunga setiap satu tahun sekali.

2. Bagi kalangan Keraton, bunga Wijaya Kusuma merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Raja untuk penobatan ketika hendak naik tahta.

Untuk mendapatkannya konon harus mengambil langsung dari Pulau Nusa Kambangan, dan cara memetiknya juga tidak boleh sembarangan karena harus memenuhi berbagai macam persyaratan dan ritual-ritual tertentu.

Kembang Wijoyo Kusumo merupakan bunga keramat yang memiliki rupa / bentuk yang indah dan berbau harum dengan berbagai mitos serta misterinya. Tapi dibalik semua mitosnya, ternyata bunga cantik ini juga memiliki berbagai macam khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh Manusia.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat bunga Wijaya Kusuma untuk kesehatan:

1. Untuk mengobati luka luar, caranya dengan menumbuk bagian batangnya sampai halus (lumat) kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

2. Untuk mengobati penyakit dalam, caranya dengan merebus beberapa kuntum bunga Wijaya Kusuma kemudian air rebusannya diminum.

3. Bunga Wijaya Kusuma juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit serta menetralisir pembekuan darah.

4. Bunga Wijaya Kusuma / kembang Wijoyo Kususmo juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

5. Bunga Wijaya Kusuma bisa digunakan sebagai obat batuk, anti radangdan juga pendarahan (hemostatis).

6. Bunga unik ini juga berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit lain seperti tuberkulosis paru-paru dengan batuk asma, batuk darah dan muntah darah.

Meskipun bunga Wijaya Kusuma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tapi bunga ini lebih terkenal karena mitosnya dan lebih banyak ditanam dengan tujuan agar bisa merasakan tuah ghaibnya.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat dan manfaat bunga Wijaya Kusuma / kembang Wijoyo Kusumo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia spiritual dan supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Bunga Wijaya Kusuma"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: