Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri, Mitos dan Tuah Perkutut Rajek Wesi

gambar perkutut rajek wesi
Perkutut Katuranggan Rajek Wesi

Hartalangit.com – Perkutut merupakan burung klangenan yang sekaligus menjadi media untuk menyampaikan nasehat atau wejangan tersirat dari para leluhur melalui katuranggan atau ciri mathi. Karena nama Perkutut itu sendiri merupakan singkatan  dari Perkoro kang kudu di tut, atau perihal yang harus di ikuti.

Maksudnya, pitutur atau wejangan pada Perkutut katuranggan harus dipahami makna dan maksudnya kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa merasakan sejatinya tuah pada Perkutut katurangggan.

Karena sebetulnya dibalik tuah Perkutut katuranggan ada petuah-petuah bijak yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Setiap katurangggan Perkutut memiliki makna atau filosofi mendalam tentang kehidupan dan sarat muatan spiritual. Salah satunya adalah Perkutut katuranggan Rajek Wesi.

Perkutut katuranggan Rajek Wesi memiliki ciri khusus pada bagian sisik dikedua kakinya yang terbelah atau menyilang tapi tidak seluruhnya. Selain itu, kakinya juga berwarna hitam mengkilap seperti besi.

Sekilas bentuk sisik kaki Perkutut Rajek Wesi hampir sama dengan bentuk sisik kaki Perkutut Rojowono, bedanya sisik di kedua kaki Perkutut Rojowono lebih rapi dan garis silangnya tidak terputus dari bawah sampai ke atas.


Sebetulnya tidak semua burung Perkutut yang sisik kakinya menyilang adalah katuranggan Rajek Wesi, karena yang termasuk kriteria Rajek Wesi adalah yang belahan sisik dikedua kakinya sama atau seimbang dan warna kakinya hitam mengkilap.

gambar sisik kaki perkutut rajek wesi
Bentuk Sisik Kaki Perkutut Rajek Wesi

Rajek Wesi bisa di artikan pagar besi, dari kata "Rajek" yang artinya pagar dan "Wesi" yang artinya besi.

Perkutut katuranggan Rajek Wesi dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala, terutama yang sifatnya ghaib, seperti gangguan mahluk halus dan serangan ilmu hitam.

Dari namanya tentu sudah dapat disimpulkan bahwa tuah Perkutut katuranggan Rajek Wesi adalah untuk sarana pagaran diri atau perlindungan, karena biasanya, nama katuranggan Perkutut merupakan gambaran dari tuah atau manfaatnya.

Seperti halnya Perkutut katuranggan yang lain, Perkutut katuranggan Rajek Wesi juga memiliki filosofi yang berkaitan dengan kepercayaan akan tuahnya.

Rajek Wesi memiliki makna sebagai pitutur atau wejangan tersirat bagi pemiliknya agar memiliki iman dan keyakinan kuat yang tertancap didalam hati, sehingga tidak mudah goyah yang disimbolkan dengan rajek wesi.

Dengan iman dan keyakinan yang kuat, maka TUHAN akan senantiasa melindungi setiap langkahnya.

Bentuk sisik kaki Perkutut Rajek Wesi yang menyilang juga merupakan simbol agar sebagai Manusia hendaknya kita selalu ingat kepada Sang Pencipta dengan menyilangkan kaki atau bersimpuh untuk memohon perlindungan-NYA, karena segala yang terjadi didunia ini sepenuhnya mutlak atas kehendak TUHAN.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, filosofi, tuah dan mitos Perkutut katuranggan Rajek Wesi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Ciri, Mitos & Tuah Perkutut Rajek Wesi - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri, Mitos dan Tuah Perkutut Rajek Wesi"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: