Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah pamor Keris Pancuran Mas

keris pamor pancuran mas
Ilustrasi Pamor Pancuran Mas

Hartalangit.com – Pamor adalah motif yang menghiasi bilah Keris, Tombak atau Tosan Aji lainnya yang terbentuk dari proses tempa lipat beberapa jenis logam berbeda yang disatukan. Selain untuk memperindah tampilan bilah Keris, pamor juga di anggap sebagai gambaran dari tuah pada sebilah Keris atau Tosan Aji lainnnya.

Pamor juga memiliki makna simbolik dan makna filosofis mendalam yang terkandung didalamnya. Dengan memahami makna pamor pada sebilah Keris, maka kita akan dapat menangkap pesan moral dari masing-masing pamor pada sebilah Keris.

Baca juga: Makna dan pesan tersirat dari Keris

Tuah pamor Keris bisa bermacam-macam tergantung dari nama dan motifnya yang biasanya menyimbolkan tuah atau khasiatnya, ada yang untuk kewibawaan, untuk perlindungan, untuk kesaktian, untuk kerejekian dan lainnya.

Jenis pamor yang paling banyak dicari oleh para pecinta Tosan Aji adalah pamor-pamor yang tuahnya untuk kerejekian, salah satunya adalah pamor Pancuran Mas yang dipercaya dapat membantu mempermudah pemiliknya dalam mencari rejeki dan mengumpulkan kekayaan.

Bentuk motif pamor Pancuran Mas berupa garis lurus ditengah-tengah bilah Keris seperti bentuk pamor Sodo Sak Ler tapi pada bagian sor-soran berbentuk cabang seperti lidah ular dan tembus kebagian gonjo.

Keris dengan Pamor Pancuran Mas tergolong tidak pemilih, artinya siapa saja bisa cocok memilikinya. Tapi meskipun bisa dimiliki oleh siapa saja, Keris dengan Pamor Pancuran Mas dinilai sangat baik jika dimiliki oleh para pedagang dan pengusaha.

Filosofi pamor Pancuran Mas:

“Pancuran” adalah sumber air yang terus mengalir, sedangkan “Mas” artinya Emas yang merupakan logam mulia bernilai tinggi. Jadi, “Pancuran Mas” bisa di artikan sebagai “Sumber Emas” yang terus mengalir. Jika pancuran pada umumnya mengeluarkan air maka Pancuran Emas berarti pancuran yang terus mengeluarkan emas (sumber emas). Jadi, pamor Pancuran Mas adalah simbolisasi harapan dan do’a agar pemilik Keris dapat memiliki kehidupan yang makmur dan bergelimang harta bagaikan memiliki sumber emas yang terus mengalir.

Pancuran Mas juga memiliki makna lain yang merupakan pesan agar pemiliki Keris senantiasa bisa berlaku seperti pancuran/sumber air yang memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Manusia harus memiliki kepekaan dan kepedulian sosial serta harus bisa bermanfaat bagi sesama agar bisa mendapatkan kemuliaan dalam hidupnya.

Pamor Pancuran Mas mengandung ajaran untuk selalu bersedekah untuk membantu sesama karena sedekah bagaikan sumber air, sebanyak apapun dikeluarkan tidak akan pernah habis.

Air adalah sumber kehidupan bagi semua mahluk hidup didunia ini, dengan adanya air maka semua bisa hidup, tumbuh, berkembang dan berbuah. Air juga memiliki sifat mendinginkan, demikian juga dengan sedekah, karena dengan sedekah akan mampu mendinginkan dan melembutkan hati orang yang memberikan sedekah maupun orang yang menerima sedekah.

Bagi sipenerima, sedekah yang diterimanya akan dirasakan sebagai sesuatu yang sangat bernilai dan sangat bermanfaat bagi kehidupannya, dan bagi pemberi sedekah, apa yang disedekahkannya akan menjadi berkah bagi dirinya dan justru akan kembali lagi kepdanya dalam jumlah yang berlipat ganda. Melalui sedekah, hubungan sosial antara pemberi sedekah dan penerima sedekah juga akan semakin lembut dan harmonis.

Tuah pamor Pancuran Mas:

Jika kita bicara soal tuah kerejekian pamor Pancuran Mas pada prinsipnya hal itu sejalan dengan pesan pada pamor ini, yaitu anjuran untuk bersedekah. Karena semakin banyak kita bersedekah, maka akan semakin banyak pula berkah yang akan kita terima, termasuk rejeki dan kekayaan.

Jadi intinya, jika kita ingin merasakan tuah dari Keris yang kita miliki maka kita harus bisa selaras dengan energinya yaitu dengan cara menerapkan filosofi Keris atau pamor Keris dalam kehidupan kita, sebab jika kita tidak bisa selaras dengan Keris yang kita miliki maka kita tidak akan bisa merasakan tuahnya.

Orang yang memiliki Keris berpamor Pancuran Mas tapi tidak memahami filosofinya dan tidak mau melaksanakan pesan atau ajaran yang terkandung didalamnya untuk bersedekah dan memberi manfaat bagi sesama, maka tuah kerejekian pada pamor tersebut tidak akan berfungsi dengan maksimal. Itu artinya pemiliki Keris tidak bisa selaras dengan energi dari Kerisnya.

Baca juga:

Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

Filosofi dan tuah Keris pamor ceprit

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Keris Pancuran Mas yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah pamor Keris Pancuran Mas"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: