Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Keris tangguh Pengging

gambar keris tanggung pengging
Ilustrasi Keris Tangguh Pengging

Hartalangit.com - Meskipun Pengging hanya sebuah kadhipaten, namun kualitas Keris Pengging tidak kalah dengan Keris-Keris dari daerah lain yang merupakan Kerajaan.

Keris tangguh Pengging cukup terkenal dikalangan pecinta Tosan Aji karena memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dari Keris-Keris dari daerah lain.

Selain karena kualitas material dan garapnya yang bagus, Keris tangguh Pengging juga di anggap memiliki perbawa tersendiri yang tidak dimiliki Keris-Keris dari daerah lain.


Ciri-ciri Keris tangguh Pengging, antara lain: pasikutannya luwes dan ramping, garapnya rapi dan jika Keris luk kebanyakan luknya rengkol. Besinya hitam dan berkesan basah, pamornya kalem dan berkesan mengambang tapi lumer dan pandes. Gulu melednya panjang.

Tarikan awal luknya sampai pada ujung Keris yang runcing mendongak menjadi ciri khas tersendiri yang berbeda dengan langgam Keris dari daerah lain.

Serat besinya padat, pulen, halus dan terkesan basah seakan masih membawa gen Keris Majapahit yang terkesan wingit. Tantingannya juga ringan dan ketika disentil bunyinya nyaring menandakan besinya matang tempaan.

Selain dari material dan garapnya yang bagus, Keris-Keris tangguh Pengging juga memiliki kesan wingit yang kental. Karena kelebihannya itulah yang membuat Keris tangguh Pengging banyak diburu oleh para penggemar dan kolektor Tosan Aji.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Keris tangguh Pengging yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Keris tangguh Pengging"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: