Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Tilam Sari

gambar keris tilam sari sepuh
Keris Tilam Sari
Hartalangit.com - Keris Tilam Sari merupakan salah satu dhapur Keris lurus yang bentuknya sangat mirip dengan Keris dhapur Tilam Upih. Ricikan pada kedua Keris ini juga hampir sama, yaitu gandhik polos dengan ukuran bilah normal, memakai tikel alis dan pejetan.

Yang membedakan antara Keris Tilam Sari dan Keris Tilam Upih hanya pada sraweyannya saja. Pada Keris Tilam Sari terdapat tambahan sraweyan, sedangkan pada Keris Tilam Upih tidak terdapat sraweyan.

Keris Tilam Sari juga sangat mirip dengan Keris Jalak Tilam Sari, baik dari bentuknya maupun dari namanya. Yang membedakan keduanya hanya pada bagian tingil yang terdapat pada Keris Jalak Tilam Sari, yaitu tonjolan kecil yang ada pada ujung bawah gonjo.
gambar keris jalak tilam sari sepuh
Keris Jalak Tilam Sari
gambar keris tilam upih
Keris Tilam Upih
Seperti halnya Keris Tilam Upih, Keris Tilam Sari juga termasuk salah satu dhapur Keris yang banyak dijumpai, terutama di Jawa karena Keris ini adalah Keris umum yang pada jaman dahulu boleh dimiliki oleh siapa saja, artinya Keris ini tidak termasuk Keris yang pemilih.


Filosofi Keris Tilam Sari:

"Tilam" artinya pembaringan / alas tidur untuk beristirahat dan "Sari" bisa di artikan harum, wangi atau semerbak. Jadi, makna dari Tilam Sari adalah tempat beristirahat yang nyaman dan harum semerbak dan merupakan perlambang dari kehidupan keluarga yang harmonis, bahagia dan sejahtera.

Pada jaman dahulu banyak masyarakat Jawa yang menyimpan Keris dhapur Tilam Sari sebagai pusaka keluarga dengan harapan agar keluarganya dapat memiliki kehidupan yang harmonis, tentram, nyaman, bahagia dan sejahtera seperti filosofi Tilam Sari yang melambangkan tempat beristirahat yang nyaman dan harum semerbak.

Tuah Keris Tilam Sari:

Tuah Keris Tilam Sari dipercaya dapat mendatangkan ketentraman, kebahagiaan, kesejahteraan, kemuliaan, kedamaian, keharmonisan keluarga, nama yang harum dan dihormati oleh banyak orang, serta senantiasa mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Tilam Sari yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Tilam Sari"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: