Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Keris Pejetan

keris sombro pejetan
Keris Pejetan
Hartalangit.com - Keris pejetan adalah Keris yang pada permukaan bilahnya terdapat lekukan-lekukan menyerupai bekas pijatan jari tangan. Tentang lekukan pada permukaan bilah yang menyerupai bekas pijitan tangan tersebut memang sulit dibuktikan secara ilmiah jika itu benar-benar dibuat dengan pijitan jari tangan.

Sebagian penggemar Keris menduga bahwa bentuk seperti bekas pijitan jari tangan itu terjadi karena paron atau permukaan landasan penempaan Keris tidak rata atau permukaan palu yang digunakan untuk menempa bilah Keris tidak rata.

Tapi tentunya tidak sesederhana itu, pasti ada maksud lain dari sang Mpu pembuatnya kenapa membuat Keris dengan ciri seperti itu. Mungkin saja tanda pijitan jari tangan itu sebagai ciri khas dari Keris-Keris buatannya atau ada alasan lainnya.

Baca juga: Tuah Sakti Keris Sombro

Mpu Keris adalah seorang yang linuwih dan memiliki ilmu kebatinan tingkat tinggi, jadi mungkin saja jika dapat membuat tanda lekukan pada bilah Keris karyanya dengan menggunakan jari tangannya.

Keris Pichit atau Keris Pejetan tergolong keris tayuhan, yaitu Keris yang dalam pembuatannya lebih mengutamakan esoteri (tuah/yoni) dibandingkan dengan eksoterinya (penampilan luarnya), karena rata-rata Keris pejetan memiliki bentuk/penampilan yang sederhana dan terkesan dibuat seadanya saja.

Itulah sebabnya banyak penggemar Keris yang beranggapan bahwa Keris pejetan tergolong Keris yang memiliki tuah baik karena dibuat hanya menggunakan tangan.

Karena kepercayan itulah, sekarang ini banyak ditemukan Keris pejetan palsu yang sebetulnya Keris buatan baru. Maraknya pemalsuan Keris pejetan terjadi karena banyaknya peminat Keris ini karena di anggap sepuh dan memiliki kekuatan ghaib lebih tinggi dari Keris-Keris biasa.

Banyaknya peminat Keris pejetan tentunya menjadikan harga/mahar Keris ini menjadi mahal. Hal ini menjadi peluang bisnis yang menguntungkan sehingga banyak yang kemudian membuat Keris pejetan palsu demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Baca juga:

Cara mengenali ciri-ciri Keris baru dan Keris sepuh

Cara mengetahui antara Keris isi dan Keris kosong

Demikian sedikit informasi tentang tuah Keris pejetan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Keris Pejetan"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: