Advertisement

Sejarah dan tujuan dibuatnya Keris Sajen

keris sajen
Ilustrasi Keris Sajen

Hartalangit.com - Keris Sajen adalah Keris yang pada jaman dulu biasa disertakan dalam upacara atau ritual-ritual khusus bersama dengan barang-barang sesaji lainnya. Bentuk Keris Sajen sangat sederhana, berukuran kecil dan biasanya hulu Keris menyatu dengan bilahnya yang terbuat dari logam yang umumnya berbentuk relief Manusia.

Keris sajen kebanyakan hanya berpamor sanak, dan jenis pamornya umumnya adalah pamor Adeg. Ada juga yang menyebut Keris Sajen sebagai Keris Majapahit, padahal Keris-Keris tangguh Majapahit rata-rata memiliki bentuk yang indah dan menggunakan material yang bermutu tinggi, sedangkam Keris Sajen memiliki betuk yang sangat sederhana dan terkesan dibuat seadanya.

Baca juga: Pusaka-pusaka ampuh peninggalan Kerajaan Majapahit

Keris Sajen sengaja dibuat khusus untuk keperluan sesaji, terutama pada upacara bersih desa atau upacara-upacara lain yang berkaitan dengan alam ghaib.

Keris Sajen biasanya diletakkan ditengah barang sesaji lainnya, dan sesudah upacara selesai Keris tersebut akan dilarung ke sungai atau dipendam ditanah. Itulah kenapa banyak Keris Sajen yang ditemukan ditengah sawah, dipinggir sungai atau diladang.

Ketika ditemukan, banyak Keris Sajen yang kondisinya sudah tidak utuh karena termakan karat. Hal ini disebabkan karena pada umumnya Keris ini ditemukan dalam keadaan tertimbun tanah karena memang dibuat bukan untuk dirawat sebagai pusaka.

Karena ditemukan di alam dengan keadaan yang telah rusak dan keropos itulah justru membuat sebagian orang yang kurang paham mengenai sejarah Tosan Aji sering menganggap Keris Sajen sebagai Keris yang bertuah. Bahkan oleh kalangan tertentu, Keris Sajen kadang-kadang di tanjeg sebagai Keris yang ampuh.

Padahal tujuan awal dibuatnya Keris Sajen bukanlah sebagai pusaka, tapi hanya sebagai pelengkap sesaji saja tanpa ada tujuan lain sebagaimana Keris-Keris lain yang dibuat sebagai pusaka atau ageman yang memiliki tuah-tuah tertentu.

Baca juga:

Tuah Keris Pejetan

Minyak khusus perawatan pusaka dan khodam pusaka

Demikian sedikit informasi tentang sejarah dan tujuan dibuatnya Keris Sajen yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Sejarah dan tujuan dibuatnya Keris Sajen"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: