Advertisement

Manfaat utama dari ritual Meditasi

cara melakukan meditasi
Ilustrasi

Hartalangit.com - Sepanjang sejarah peradaban Manusia telah terbentuk berbagai macam tradisi dan metode ritual Meditasi yang dikelola secara baik dan sistematis. Awal mula dari tradisi Meditasi dimulai sejak jaman sebelum masehi. Bermula dari berbagai pertanyaan filosofis tentang diri pribadi, seperti:

• Siapa aku dan apa aku sesungguhnya?

• Apa arti terdalam dari kehidupan dalam diri?

• Apakah dunia yang tampak dan yang kita anggap demikian nyata ini adalah satu-satunya realitas sesungguhnya ataukah hanya sebagai fenomena?

• Atau apakah ada sesuatu yang lebih besar secara tak terbatas diluar diri?

Sebagai upaya untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan filosofis di atas, Manusia cenderung melangkah kedalam tradisi spiritual. Sepanjang peradaban Manusia, pencarian jati diri akhirnya berhasil menemukan suatu tata cara melalui proses Meditasi.

Baca juga: Meditasi sebagai dasar ilmu spiritual

Proses tersebut selanjutnya semakin lama semakin berkembang dalam masyarakat luas dan tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia spiritual saja, sebab Meditasi memiliki banyak manfaat yang bisa ditawarkan kepada setiap orang tanpa memandang agama dan kepercayaannya.

Manfaat yang dapat kita peroleh dari Meditasi

Kalau ritual Meditasi dilakukan secara tekun dan benar, ada beberapa manfaat yang bersifat instan/langsung yang dapat dirasakan oleh pelaku Meditasi, antara lain:  

• Meditasi yang benar akan membawa kita pada suatu pengalaman unik dan berbagai pengalaman yang menakjubkan yang akan sering terjadi dan kita alami dalam kehidupan sehari-hari.

• Semakin lama kita akan semakin bisa menemukan siapa sejatinya yang ada didalam diri sejati kita.

• Timbulnya perasaan menyatu dengan suatu energi yang dahsyat. Energi itulah yang lazim disebut sebagai Atma dalam istialah Meditasi, yaitu energi kehidupan yang kekal yang bersumber dari yang Maha Kuasa (TUHAN).

Baca juga: Makna spiritual dari ritual topo kungkum

Pada level ini, Meditasi dapat dipahami sebagai upaya untuk memperpanjang atau memaksimalkan usia Manusia, karena dengan rutin melakukan Meditasi, tentunya Jasmani dan Rohani kita menjadi sehat dan selaras. Dan dengan sendirinya, tingkat harapan hidup menjadi lebih besar.

Dalam sebuah tesis, telah dilakukan penelitian terhadap orang-orang yang rutin melakukan kegiatan Meditasi, dan didapatkan hasil yang menakjubkan, bahwa ternyata para pelaku Meditasi rata-rata memperoleh kualitas hidup yang lebih baik, mencakup kesehatan, ketentraman, kebahagiaan dan kesuksesan.

Tujuan paling utama dari ritual Meditasi adalah upaya mengenali jati diri. Karena sesungguhnya dalam diri manusia dipahami sebagai bentuk Jagat kecil yang merepresentasikan keadaan Jagat besar yang sesunggunya.

Bila seseorang sudah dapat mengenali jati dirinya, diharapkan juga dapat memahami apa yang terjadi pada alam semesta, sehingga seseorang dapat bersikap arif dan bijaksana sehingga dapat meraih kehidupan yang lebih berkualitas.

Baca juga: Tata cara melakukan Meditasi yang benar

Demikian sedikit informasi tentang manfaat utama dari ritual Meditasi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar dunia Spiritual dan Supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Manfaat utama dari ritual Meditasi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: