Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Meditasi sebagai dasar dari ilmu spiritual

cara melakukan meditasi
Ilustrasi

Hartalangit.com - Meditasi lebih mudah dipahami sebagai sarana olah batin, dalam hal ini nafas dan pikiranlah yang diolah. Praktek Meditasi dilakukan dengan cara memfokuskan konsentrasi pada satu objek saja, dengan cara mengatur aliran keluar-masuknya nafas kita.

Sebetulnya, Meditasi melibatkan dua unsur sekaligus yaitu pengolahan jiwa/batin dan juga raga/jasmani. Untuk keberhasilan dalam melakukan Meditasi, kita harus bisa melibatkan ketenangan hati dan batin kita serta pengendalian atas aktivitas ragawi yaitu pengendalian pikiran dan emosi.

Yang terpenting adalah mencari suasana yang tenang, nyaman dan hening agar proses Meditasi yang kita lakukan bisa berlangsung dengan sempurna.

Baca juga: Manfaat utama dari ritual Meditasi

Pada prinsipnya, Meditasi adalah salah suatu cara untuk bisa mengenali diri sendiri secara metodis dan ilmiah. Meditasi bukanlah sebuah ajaran dari suatu agama tertentu, karena jika kita pelajari, sebetulnya Meditasi ada dalam semua tradisi agama-agama besar Dunia dengan metode yang berbeda-beda tapi pada intinya untuk mencapai tujuan yang sama.

Meditasi juga di ajarkan dalam berbagai tradisi dan ajaran spiritual kebudayaan masyarakat non agama dan dilakukan dengan berbagai metode atau tata cara yang berbeda namun tujuannya tetap sama, yaitu untuk mencapai ketenangan jiwa.

Tujuan utama dari ritual Meditasi adalah sebagai sarana untuk mengenali jati diri lebih mendalam yang berhubungan dengan jiwa. Dalam lingkup Dunia spiritual memandang bahwa jalan untuk mencapai kebahagiaan sejati berawal dari suatu pengetahuan tentang Jati diri (Jagat kecil) atau Dunia didalam diri kita.

Para pemikir dan para Spiritualis sepakat bahwa satu-satunya jalan untuk mengetahui jati diri kita yang terdalam adalah dengan cara Meditasi. Sebagai tradisi Spiritual yang paling kuno dan paling sistematis yang berkembang sejalan dengan perkembangan peradaban Manusia.

Meditasi adalah dasar atau pijakan untuk menuju tingkatan Spiritual yang lebih tinggi, dengan melakukan Meditasi secara benar dan terarah, maka kita akan menemukan ketenangan jiwa dan pikiran, sehingga dengan sendirinya tingkat spiritual kita akan semakin meningkat tanpa kita sadari.

Baca juga: Semedi adalah meditasi dalam tradisi Kejawen

Demikian sedikit informasi tentang Meditasi sebagai dasar dari ilmu Spiritual yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Meditasi sebagai dasar dari ilmu spiritual"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: