Advertisement

Filosofi Tombak Trisula

gambar tombak trisula
Ilustrasi Tombak Trisula

Hartalangit.com - Istilah Trisula Weda merupakan suatu istilah yang dipopulerkan oleh Prabu Jayabaya. Selain dikenal sebagai senjata Tombak bermata tiga. Sejatinya Trisula memiliki makna yang sangat dalam sebagai senjata ampuh dalam menghadapi kehidupan.

Trisula memiliki arti senjata bermata tiga yang dipercaya merupakan senjata Dewa. Trisula juga bisa di artikan sebagai tiga kekuatan yang menyatu dalam kehidupan, yaitu kekuatan matahari, laut, serta keseimbangan alam.

Weda adalah bahasa Sansekerta yang artinya adalah ilmu pengetahuan. Secara etimologi, kata Weda berakar dari bahasa Sansekerta "Vid" yang artinya "mengetahui".


Sesuai dengan nama dan bentuknya, tiga mata pada senjata Trisula mewakili 3 sifat, yaitu:

• Jejeg

Jejeg memiliki arti berdiri tegak (memiliki pendirian yang kuat). Tidak goyah sedikitpun dengan iming-iming apapun. Jejeg juga bisa berarti berani mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah adalah salah. Jika seseorang sudah memiliki sifat Jejeg, maka dia tidak akan mudah terombang-ambing oleh berbagai macam godaan dalam kehidupan.

• Jujur

Jujur memiliki arti tidak pernah berbohong dan selalu mengatakan yang sebenarnya walaupun itu pahit.

• Adil

Meskipun sifat adil yang sejati hanya milik GUSTI ALLAH, tapi Manusia juga memiliki sifat adil meski tidak absolut. Adil yang dimaksud adalah tidak membela atau memihak pihak-pihak tertentu.

Sifat adil dalam pengertian Trisula Weda itu juga bisa berarti bener (benar) dan Wicaksono (Bijaksana). Artinya, adil, benar, dan bijaksana adalah satu rangkaian agar Manusia bisa menjadi adil se-adil-adilnya.

Jika kita ingin memiliki sifat adil, tidak akan pernah bisa terlaksana jika kita mengesampingkan sifat benar dan bijaksana, karena ketiga sifat tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan jika kita ingin menjadi orang yang benar-benar adil.

Jadi, Trisula bukan hanya sekedar senjata untuk berperang, tapi lebih pada sebuah senjata/ajaran/tuntunan untuk menjalani kehidupan secara benar.

Trisula Weda adalah tuntunan hidup agar Manusia bisa menjalani kehidupan yang benar dengan sifat Jejeg, Jujur dan Adil seperti makna Trisula.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi Tombak Trisula yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi Tombak Trisula"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: