Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Makna Pamor Keris

gambar keris pamor blarak sineret
Pamor Blarak Sineret
Hartalangit.com - Pamor pada sebilah Keris atau Tosan Aji lainnya adalah motif yang terdapat pada bilah Keris yang terbuat dari material meteor ataupun nikel. Ada banyak sekali jenis dan nama-nama pamor Keris yang masing-masing memiliki tuah atau manfaat sendiri-sendiri.

Pamor yang paling banyak dicari adalah pamor yang tuahnya berhubungan dengan kerejekian, kekuasaan, dan perlindungan, di antaranya:
• Pamor udan mas
• Pamor banyu mili
• Pamor junjung drajat
• Pamor blarak sineret
• Pamor buntel mayit
• Pamor wahyu tumurun
• Pamor wengkon, dll.

Untuk mengetahui baik atau tidaknya tuah pada sebilah Keris atau Tombak, biasanya para penggemar Tosan Aji terlebih dulu akan mengamati motif pamornya. Begitu juga untuk mengetahui tuah atau manfaat Keris tersebut yang pertama kali dilihat adalah pamornya.

Baca juga: Kelebihan Keris Pamor Meteor

Ada dua jenis pamor Keris, yaitu pamor tiban dan pamor rekan:

• Pamor tiban

Pamor tiban adalah gambaran yang muncul pada bilah Keris atau Tombak tanpa direkayasa oleh sang Empu dan dianggap sebagai pertanda dari Tuhan mengenai tuah atau khasiat dari Keris tersebut. Jadi, motif atau pola yang tergambar pada pamor tersebut dianggap sebagai petunjuk untuk memperkirakan baik atau buruknya tuah sebilah Keris dan juga untuk memperkirakan tuah/manfaat pada sebilah Keris.

• Pamor rekan

Pamor rekan adalah motif pamor yang bentuk atau polanya memang sengaja direka atau dirancang sejak awal oleh sang Empu sehingga bentuk gambarannya sesuai dengan kemauan sang Empu pembuat Keris yang merupakan perlambang dari doa atau harapan yang dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa.

Gambaran motif pamor adalah perlambang harapan dari pemesan Keris yang dipanjatkan oleh sang Empu melalui doa-doa dan mantra yang dipanjatkan kepada Yang Maha Kuasa dan dilambangkan dengan sebuah bentuk pamor Keris untuk melambangkan kerejekian, kekuasaan, kewibawaan, perlindungan atau yang lainnya.

Baca juga: Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

Demikian sedikit informasi tentang makna pamor Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Makna Pamor Keris"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: