Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Merubah pola pikir untuk meraih kesuksesan

Tumbuhkan dan kembangkan pola pikir kita mengikuti perkembangan jaman

Harta Langit - Pikiran positif akan membawa kita pada kesuksesan. Tindakan dari pikiran positif di antaranya akan selalu mengatakan "SAYA BISA" dan "SAYA AKAN". Kata-kata tersebut adalah refleksi dari pikiran positif yang tidak menyerah pada keadaan, apapun keadaan yang dihadapi akan selalu optimis.

Faktor utama yang menyebabkan seseorang sukses adalah sikap tertentu yang ada dalam pikiran orang itu sendiri, dan sikap tersebut adalah perspektif jangka panjang. Artinya, seseorang yang sukses dalam perencanaan dan tindakan selalu memiliki perspektif jangka panjang.

Setiap keputusan yang dibuat selalu memperhatikan akibatnya bagi masa depan dalam jangka panjang. Tidak ada istilah bagi orang sukses "BAGAIMANA NANTI SAJA" tapi mereka selalu berpikir "NANTI BAGAIMANA".

Berpikir jauh ke depan bukan berarti mengkhawatirkan masa depan. Segala keputusan, rencana, dan tindakan akan ikut terpikirkan untuk masa depan, misalnya:

• Apakah keputusan yang dibuat saat ini akan membawa dampak positif bagi masa depan?

• Apakah rencana yang dibuat saat ini mendukung visi masa depan?

• Apakah tindakan yang dilakukan saat ini akan memajukan masa depan?

Satu-satunya cara untuk membuat perspektif jangka panjang tersebut adalah dengan merumuskan visi kita saat ini. Jangan abaikan kiat sukses ini dan jangan pernah takut gagal, karena lebih baik kita gagal daripada tidak pernah berani mencoba sama sekali. Tanpa mencoba kita tidak akan pernah tahu hasilnya, karena kegagalan akan membuat kita lebih matang dan lebih kuat pada langkah-langkah berikutnya.

Jika kita berpikir bahwa kemampuan kita berada di bawah orang lain, maka bisa dipastikan kita akan minder, tapi jika pikiran kita mengatakan bahwa kita memiliki potensi yang sama dengan orang lain, bahkan lebih baik dari orang lain maka kita akan percaya diri.

Ini adalah salah satu keajaiban kekuatan pikiran yang akan membangun karakter. Karena karakter akan terbentuk pada diri kita sesuai dengan apa yang kita pikirkan tentang diri kita. Tanamkan dalam pikiran kita, bahwa kita hebat, kita mampu, dan kita berharga.

Jika kita berpikir bahwa gagal adalah akhir dari segalanya, maka kita tidak akan pernah berani untuk melakukan hal-hal besar. Berbeda jika kita berpikir bahwa kegagalan adalah suatu pembelajaran dan tetap menganggap masih ada kesempatan lain, maka kita akan menjadi orang yang berani dan sukses.

Sikap pesimis itu disebabkan oleh pikiran kita sendiri yang menganggap bahwa diri kita tidak memiliki kemampuan. Sikap pesimis juga timbul karena kita merasa sudah ditakdirkan menjadi orang miskin dan keadaan di sekitar kita tidak mendukung. Hal itu jelas-jelas salah karena kita tidak pernah tahu apa yang ditakdirkan Tuhan pada kita dimasa depan.

Tetaplah optimis bahwa Tuhan menciptakan kita untuk menjadi orang hebat, jadi teruslah bergerak mencari peluang sekecil apapun. Jangan diam dan pasrah pada satu kondisi, karena waktu kita terlalu berharga jika hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna untuk masa depan kita.

Biarkan orang menganggap remeh kita karena kita bukan siapa-siapa saat ini, tapi buktikanlah dengan membangun pondasi untuk masa depan kita dari sekarang dengan berbagai macam peluang yang ada walaupun sekecil apapun.

Sikap optimis muncul karena pikiran kita mengatakan semua hal bisa dipelajari, dan bagaimanapun keadaan saat ini, kita pasti masih bisa sukses jika kita mau berusaha.

Lalau bagaimana cara kita berpikir untuk menentukan apakah kita adalah orang yang optimis atau orang yang pesimis..??

Pandangan kita terhadap sesuatu hal tergantung pada sikap yang kita miliki. Jika sikap kita positif, maka kita melihat segala sesuatu dengan positif, dan sebaliknya, jika sikap kita negatif, maka kita melihat segala sesuatu dari sudut pandang negatif.

Sikap memang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita karena cara pandang kita terhadap Dunia akan mempengaruhi kehidupan kita di masa depan. Sikap adalah cara pandang atau cara berpikir kita terhadap sesuatu. Sikap juga menjadi penentu tindakan dan filter terhadap tindakan-tindakan kita. Jadi, sikap sangat mempengaruhi kehidupan kita, termasuk dalam hal kesuksesan atau kegagalan.

Coba kita renungkan sikap kita saat ini, lihat korelasinya dengan kondisi kita saat ini. Perlukah kita memperbaiki sikap.??

Jawabannya tentu sangat perlu, karena sikap kita akan menentukan kehidupan kita dimasa depan. Bagaimana cara kita bersikap saat menghadapai kesulitan adalah cerminan dari seberapa kuat mental kita menghadapi tantangan hidup yang semakin berat.

Sesulit apapun kondisi kita saat ini, teruslah bergerak mencari peluang sekecil apapun yang bisa kita lakukan, karena dengan bergerak/bertindak/melakukan sesuatu yang positif, maka pikiran kita akan hidup, kreativitas akan muncul, dan intuisi kita akan semakin tajam dalam melihat setiap peluang yang ada.

Jangan hanya diam pada satu titik saja (zona nyaman). Ciptakan sesuatu yang baru yang belum banyak dikerjakan orang lain, atau paling tidak dengan sistem ATM (amati, tiru, modifikasi). Yang terpenting apa yang kita kerjakan tersebut dapat berkembang setiap harinya walaupun sedikit demi sedikit.

Seperti halnya jika kita menanam pohon, dari mulai biji sampai berbuah memerlukan waktu yang tidak sebentar, memerkukan perawatan yang melelahkan agar dapat hidup, tumbuh, besar dan berbuah. Segala sesuatu di Dunia ini butuh proses.

Baca juga:

Demikian sedikit informasi tentang merubah pola pikir untuk meraih kesuksesan. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a comment for "Merubah pola pikir untuk meraih kesuksesan"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: