Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Sejarah dan Tuah Sakti Keris Omyang Jimbe

gambar keris omyang jimbe asli sepuh
Keris Omyang Jimbe

Hartalangit.com - Keris berdhapur Puthut Kembar atau yang biasa disebut sebagai Keris Omyang Jimbe memiliki banyak versi. Meskipun sebenarnya penyebutan/penamaan Omyang Jimbe itu kurang tepat, karena Omyang sendiri sebetulnya adalah nama seorang Empu bernama Omyang yang hidup pada jaman Kerajaan Pajang.

Tapi penyebutan Keris Omyang Jimbe untuk Keris berdhapur Puthut Kembar sudah terlanjur melekat dan menjadi nama pasaran dikalangan masyarakat perkerisan.

Baca juga: Sejarah diciptakannya Keris Sengkelat

Ada beberapa jenis Keris dhapur Puthut Kembar yang biasa di sebut Keris Omyang, di antaranya:

• Omyang Jimbe (untuk menarik dana ghaib)
• Omyang Tagih (untuk menagih hutang)
• Omyang Beras (dapat menambah beras)
• Omyang Cungpet (untuk memadamkan api)
• Omyang Panimbal (untuk memanggil rejeki)
• Omyang Kera Nadah (gandhiknya berbentuk kera kembar)

Keris Omyang buatan Empu Omyang (Pajang) memiliki bentuk gonjo yang datar dan tergolong gonjo wuwung.

Lalu bagaimana dengan Keris yang dikenal masyarakat dengan sebutan "Omyang Jimbe" yang dikenal memiliki isoteri/tuah yang sangat ampuh untuk melindungi harta pemiliknya dan memudahkan untuk menagih hutang.

Bahkan konon ada beberapa Keris Omyang Jimbe yang dapat di manfaatkan untuk menarik dana ghaib karena tuah saktinya.

Sebetulnya tidak semua Keris dhapur Puthut Kembar dibuat oleh Empu Omyang di jaman Kerajaan Pajang. Hanya saja pada era tersebut Empu Omyang sangat terkenal dengan karya-karyanya yang rata-rata adalah Keris berdhapur Puthut Kembar yang terkenal memiliki tuah sakti, sehingga Keris dhapur Puthut kembar menjadi ciri khas dari Empu Omyang dan identik dengan karyanya.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan Keris dhapur Puthut Kembar lebih familiar disebut Keris Omyang. Tentunya hal itu adalah kesalahan persepsi tentang Keris berdhapur Puthut Kembar yang sudah terlanjur tertanam dibenak masyarakat.

Baca juga: Mengupas makna dhapur Keris Puthut Kembar

Keris dhapur Puthut Kembar karya dari Empu Omyang memiliki ciri khas dibagian pesinya, yaitu terdapat lubang seperti lubang jarum dan rata-rata hanya berpamor wos wutah, wengkon, toyo mambeg, lawe saukel, dan kelengan.

Namun seiring dengan perkembangan dunia Tosan Aji, Keris dhapur Puthut kembar/Omyang banyak di kembangkan menjadi berpamor lain yang lebih beragam, terutama untuk Keris-Keris kamardhikan/Keris baru yang dibuat setelah jaman kemerdekaan.

Empu Omyang sendiri adalah anak dari Empu Supa (Sepuh) dari zaman Majapahit. Empu Omyang juga disebut Ki Tundhung Kudus, disebut demikian karena pada waktu beliau mengabdi pada Sultan Pajang, beliau diusir dari Kraton karena difitnah oleh rekannya sendiri yaitu Empu Cublak dan berpindah ke Kudus.

Empu Omyang tidak lama berada di Kudus, kemudian beliau mengabdi di Kerajaan Mataram, bahkan kemudian beliau diangkat menjadi pemimpin para Empu di Kerajaan Mataram dan diberi gelar Ki Supo Anom atau lebih terkenal disebut sebagai Ki Anom.

Keris-Keris karya Empu Omyang dipercaya memiliki kekuatan mistis yang sangat ampuh dan jika dipergunakan untuk bisnis keuangan maka akan menguntungkan karena orang yang berhutang akan merasa tidak tenang jika tidak membayar hutangnya karena akan selalu diganggu oleh dhemit dan khodam yang bersemayam di dalam Keris Omyang tersebut.

Ciri khas Keris Omyang Jimbe pada bagian sor-sorannya tampak mbekel (buncit) seperti perut Bethara Narada atau "ngedhe" karena luknya berjalan kekiri, bukan kekanan seperti lazimnya Keris-Keris lain pada umumnya. Walaupun menurut para pakar perkerisan, ada juga Keris Omyang yang memiliki luk biasa dan ada juga yang berbilah lurus.

Pada umumnya Keris-Keris tangguh Pajang memiliki bahan besi mentah, terkesan kurang tempaan dan Pamornya mubyar (menyala) putih seperti perak, baja sedang, luk terlihat rapat (kekar), gonjo umumnya besar, sirah cecak juga besar, tantingannya agak berat, lebih berat dari Keris-Keris tangguh Mataram.

Baca juga: Makna simbol-simbol pada Keris Omyang Jimbe

Demikian sedikit informasi tentang sejarah dan tuah sakti Keris Omyang Jimbe yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Sejarah dan Tuah Sakti Keris Omyang Jimbe"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: