Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Perkutut Pendowo Wali Ekor 9

gambar perkutut katuranggan pendowo wali ekor 9
Perkutut Lokal
Hartalangit.com – Katuranggan adalah ciri fisik tertentu pada burung Perkutut yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya. Ciri fisik tersebut bisa berupa kelainan pada warna bulu, pada mata, kelainan fisik, jumlah bulu ekor atau ciri-ciri lainnya.

Ada cukup banyak katuranggan Perkutut lokal berdasarkan jumlah bulu ekornya, dari mulai jumlah bulu ekor 7 sampai bulu ekor 21 yang masing-masing memiliki filosofi dan tuah yang berbeda-beda.

Salah satunya yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah Perkutut ekor 9 atau katuranggan Pendowo Wali. Perkutut ekor 9 termasuk sangat langka karena pada umumnya bulu ekor burung Perkutut berjumlah 14 lembar atau yang disebut lumrahe.


Perkutut ekor 9 dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan pengayoman serta dapat memudahkan pemiliknya dalam meraih cita-cita. Tapi sebetulnya ada makna tersirat dari katuranggan Pendowo Wali yang berkaitan dengan mitosnya.

9 adalah angka tertinggi dan di anggap sebagai angka keramat, karena jika dikalikan dengan angka berapapun maka hasil perkaliannya jika dijumlahkan akan tetap menjadi 9.

Maknanya, meskipun dalam perjalanan hidup ini mengalami liku-liku dan jatuh bangun hendaknya jangan mudah menyerah dan putus asa, karena jika kita fokus dan yakin pada tujuan kita maka suatu saat pasti akan tercapai.

Angka 9 mewakili kesempurnaan hidup atau puncak dari pencapaian Manusia didalam kehidupannya. Tapi untuk bisa mencapai angka 9 tentunya harus melewati  angka 1 sampai angka 8 yang harus dilalui setahap demi setahap dengan segala lika-likunya.

Hal itu merupakan gambaran dari perjalanan hidup Manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup yang disimbolkan dengan istilah Pendowo Wali.

Pendowo melambangkan tahapan tingkat spiritual Manusia yang dimulai dari Sadewo, Nakulo, Arjuno, Wekudoro dan yang tertinggi adalah Puntodewo sebagai gambaran dari Manusia yang telah dekat dengan TUHAN atau disebut Wali.

Perkutut ekor 9 merupakan simbol harapan agar orang yang memelihara Perkutut ini dapat meraih cita-citanya dan mendapatkan kemuliaan. Sekaigus sebagai pengingat bahwa tujuan hidup didunia ini adalah untuk kembali kepada Sang Pencipta.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Pendowo Wali ekor 9 yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videnya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Perkutut Pendowo Wali Ekor 9"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: